Jurusan Akuntansi Sektor Publik: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Ingin bekerja sebagai akuntan di berbagai sektor publik, tetapi bingung pasca lulus SMA harus melanjutkan ke mana dan jurusan apa? Jangan bingung. Sebelum terburu mendaftar kuliah, kamu harus tahu perihal jurusan Akuntansi Sektor Publik: Info kuliah dan prospek kerjanya.

Apa Itu Jurusan Akuntansi Sektor Publik?

Suatu ilmu yang mengajarkan akuntansi dalam lingkup organisasi sektor publik disebut dengan jurusan Akuntansi Sektor Publik. Kata ‘Sektor Publik’ tersebut dimaksudkan sebagai beberapa organisasi, misalnya pemerintahan pusat maupun daerah hingga pendidikan. Bahkan jurusan ini juga mampu menangani bidang akuntansi sektor di LSM serta Rumah Sakit.

Seorang akuntan di bidang ini nantinya harus mampu melakukan proses pengumpulan, pengklasifikasian, pencatatan hingga analisis laporan keuangan. Perlu kamu ketahui bahwa jurusan ini dikhususkan agar lulusannya layak bekerja di sektor pemerintahan negara, sehingga jelas saja berbeda dengan sektor swasta.

Tidak hanya itu, jurusan ini nanti juga akan mengajarkan mahasiswanya perihal audit internal, menganalisa proses keuangan, konsultasi hingga pendapatan daerah. Sehingga benar-benar fokus mempersiapkan alumni yang siap tempur di dunia kerja dalam lingkup sektor publik.

Kenapa Memilih Jurusan Akuntansi Sektor Publik?

Ulasan singkat mengenai jurusan Akuntansi Sektor Publik tentu belum cukup untuk menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan nantinya. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan mengambil salah satu prodi di Universitas, baiknya ketahui dulu tentang kenapa kamu memilih jurusan tersebut, termasuk Akuntansi Sektor Publik.

1. Memupuk Jiwa Bertanggung Jawab

Ketika sudah terjun ke lapangan, baik karyawan maupun atasan haruslah memiliki jiwa bertanggung jawab. Mengapa? Apalagi jika kelak kamu menjadi salah satu staf yang menekuni bidang akuntansi sektor, pasti amanah yang diemban sangat besar. Oleh karena itu, jurusan ini mengajarkan mahasiswanya memupukkan rasa tanggung jawab melalui tugas-tugas dan praktik.

2. Menanamkan Kejujuran dan Berkompeten

Sekarang ini menjadi atasan maupun karyawan tidak hanya harus memiliki kompetensi tinggi, melainkan juga kejujuran. Mengapa? karena kejujuran dapat membangun reputasi yang baik dan membentuk karakter dalam diri. Terlebih lagi bagi kamu yang nantinya akan bekerja di ranan akuntansi publik.

3. Mampu Menjadikan Diri Lebih Teliti

Pendidikan Akuntansi Sektor Publik menyiapkan mahasiswa agar menjadi pribadi yang memiliki ketelitian tinggi dalam mengerjakan segala sesuatu. Pasalnya, nanti ketika sudah turun ke dunia kerja maka segala hal yang berkaitan dengan akuntansi tidak bisa begitu aja dianggap remeh. Apabila kelak kamu melakukan  kesalahan dalam input data, maka bisa berakibat fatal.

5. Melatih Berpikir Kritis

Mengerjakan sesuatu tentu tidak hanya modal browsing di internet, melainkan ada juga yang mengedepankan analisa. Seperti misalnya mencari jawaban atas masalah yang tengah dialami dalam pekerjaan. Tentu hal tersebut hanya bisa diselesaikan oleh seseorang yang memiliki pola pemikiran kritis. Untuk itulah lulusan jurusan Akuntansi Sektor Publik sedari awal dilatih berpikir kritis.

5. Cerdas dan Cepat dalam Berhitung

Jika selama ini kamu ingin bekerja dibidang akuntansi namun tidak mahir dalam berhitung, maka jangan patah semangat. Mengapa? Pasalnya pendidikan di jurusan ini, setiap mahasiswa akan dilatih cerdas dan cepat dalam berhitung, baik secara manual atau menggunakan software.

Kelima alasan tersebut bisa kamu pertimbangkan dengan matang sebelum benar-benar memutuskan untuk memilihnya. Pastikan kamu mengambil jurusan ini karena tidak hanya semata mengejar pekerjaan yang layak saja, melainkan juga demi menuntut ilmu. Apabila masih ragu, cobalah berkonsultasi dengan orang tua.

Macam-Macam Mata Kuliah Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Lalu, bagaimana jika semasa mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas ataupun SMK belum pernah mendapatkan mata pelajar akuntansi? Apakah mungkin bisa mengejarnya saat di perkuliahan nanti? Tentu saja bisa. Demi memudahkan kamu dalam belajar, berikut ini tersedia macam-macam mata kuliah jurusan Akuntansi Sektor Publik?

  1. Akuntansi Biaya
  2. Keuangan Menengah
  3. Manajemen
  4. Pertanggungjawaban Sosial
  5. Akuntansi Sektor Publik
  6. Analisis Keuangan Sektor Publik
  7. Laporan Keuangan
  8. Ekonometrik
  9. Hukum Pajak
  10. Manajemen Keuangan
  11. Keuangan Sektor Publik
  12. Sumber Daya Manusia
  13. Matematika Ekonomi
  14. Perpajakan
  15. Praktik Pengisian Pajak Pertambahan Nilai dan Bea Meteria
  16. Praktik SPT Pajak Penghasilan
  17. Sistem Informasi Akuntansi

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Sebegitu banyaknya mata kuliah di jurusan Akuntansi Sektor Publik, lantas apakah menjanjikan lulusannya untuk bisa langsung bekerja? Pada dasarnya, mendapatkan pekerjaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi jurusan ini termasuk memiliki prospek kerja mumpuni yang bisa membantu alumninya bersaing di lapangan.

1. Pemeriksa Keuangan

Saat kamu lulus dan menjadi sarjana akuntansi, tentu saja kamu bisa langsung mencoba melamar pekerjaan di bidang pemeriksa keuangan. Tugas dari jabatan ini tentu sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah memahami sistem akuntansi, meninjau ulang laporan keuangan yang relevan hingga melakukan audit.

2. Pegawai Pajak/Pegawai Persiapan Pajak

Lulusan jurusan Akuntansi Sektor Publik juga berpeluang besar bekerja sebagai pegawai pajak. Bagaimanakah tugasnya? yakni bertugas menyiapkan pengembalian pajak untuk individu maupun usaha kecil. Orang yang berprofesi di bidang ini nantinya akan ditempatkan sebagai pegawai pemerintah.

3. Auditor Akuntan Publik

Auditor independen yang memiliki tugas sebagai pengaudit segala laporan keuangan demu mengeluarkan pendapat, merupakan hal yang harus dilakukan oleh audit akuntan publik. Pekerjaan dengan posisi jabatan tersebut tentu bisa kamu dapatkan dengan mudah apabila sebelumnya sudah pernah menjadi mahasiswa Akuntansi Sektor Publik.

Universitas yang Memiliki Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Jurusan Akuntansi Sektor Publik memang tidak asing didengar masyarakat. Bahkan, sudah banyak kampus yang menyediakan prodi tersebut. Namun, akan tetapi alangkah baiknya kamu memilih Universitas unggulan jika memang ingin mengambil jurusan ini saat kuliah. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Universitas Gadjah Mada

Salah satu universitas terbaik yang ada di Jawa Tengah dan memiliki program studi Akuntansi Sektor Publik adalah Universitas Gadjah Mada. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini memang menjadi idaman calon mahasiswa. Selain kualitas lulusan yang baik, para pengajar yang ada di sana juga sangat mumpuni.

2. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak ingin kuliah di Universitas Indonesia? baik aku ataupun kamu pasti akan senang jika bisa menempuh pendidikan ASP di salah satu kampus terbaik dan bergengsi di Tanah Air tersebut. Untuk bisa masuk ke sana, kamu bisa memanfaatkan jalur beasiswa, loh!

3. Universitas Brawijaya

Berdomisili di Malang, Jawa Timur dan ingin kuliah jurusan Akuntansi Sektor Publik namun orang tua tidak mengizinkan kamu merantau? Jangan patah semangat, ternyata Universitas Brawijaya juga sudah memiliki jurusan tersebut dalam list program studinya. Oleh karenanya, segera cari tahu informasi lengkapnya di website resmi UB, ya?

4. Universitas Jember

Selain UB, kamu juga bisa mempertimbangkan kembali pilihan universitas lain, salah satunya adalah UNEJ alias Universitas Jember. Program Studi ASP tersebut memang belum terlalu familiar di kalangan orang awam, padahal di UNEJ sendiri sudah menyediakan jurusan tersebut.

5. Universitas Sebelas Maret

Universitas berikutnya yang menyediakan jurusan tersebut adalah Universitas Sebelas Maret yang terletak di Solo. Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke sana, alamatnya Jl. Ir. Sutami No.36, Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kampus ini turut menyediakan beberapa jenjang pendidikan, mulai dari Diploma, Sarjana, Magister dan Doktoral.

Penjelasan mengenai info kuliah dan prospek kerja jurusan Akuntansi Sektor Publik di atas, apakah sudah cukup menjadi referensi untukmu? Tentu sudah bukan? Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi untuk mengambil jurusan ini saat masuk universitas nantinya. Serta jangan lupa meminta restu orang tua, ya?

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 2 Average: 3]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????