Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil : Info Kuliah dan Prospek Kerja

Kamu memiliki cita-cita untuk bekerja di bidang administrasi ? Namun masih bingung mengenai jurusan apa yang cocok untuk bekerja di bidang tersebut ? Nah, jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan jika ingin bekerja di bidang tersebut. Dimana pembelajaran yang diajarkan mengenai ilmu-ilmu kependudukan dan administrasi nya.

Apa Itu Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil ?

Lantas apa pengertian dari jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil ? Jurusan tersebut dapat diartikan sebagai jurusan yang nantinya akan mempelajari mengenai ilmu-ilmu kependudukan. Bukan hanya itu, kamu juga akan mempelajari mengenai administrasi dari penduduk dalam satu wilayah tertentu. Kegiatan pencatatan sipil tersebut dianggap sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Dengan tujuan untuk membantu dalam menentukan status pribadi dan hukum dari setiap peristiwa kependudukan. Adapun contoh dari kegiatan pencatatan sipil seperti mencatat kelahiran, perkawinan, kematian, dan lain sebagainya dari seseorang. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang tidak memahami terkait hal pencatatan sipil yang dilakukan oleh petugas.

Oleh karena itu, disinilah peran dari lulusan jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil harus difungsikan dengan baik. Dimana jurusan tersebut memang pada umumnya bertujuan untuk menciptakan lulusan yang sangat paham secara mendalam mengenai hal tersebut. Nantinya lulusan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang mengapa pencatatan sipil sangat penting dilakukan.

Kenapa Memilih Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil ?

Masih banyak mahasiswa pada saat sekarang ini yang merasa salah jurusan karena tidak sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dimana mahasiswa hanya memilih jurusan tersebut secara asal dan tidak mengetahui alasan masuk jurusan tersebut. Maka dari itu, sebelum memilih jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil ada beberapa alasan yang dimiliki sebagai berikut.

1. Memiliki Kesenangan Dalam Memperhatikan Dinamika Kependudukan

Alasan pertama adalah mahasiswa tersebut sangat senang dalam memperhatikan dinamika kependudukan yang ada di Indonesia. Maka dari itu, untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dinamika kependudukan, jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil sangat tepat untuk kamu. Dimana pembelajaran yang akan diajarkan lebih mengarah ke dinamika penduduk.

2. Ingin Belajar Lebih Dalam Mengenai Administrasi Pencatatan Sipil

Materi mengenai administrasi pencatatan sipil memang tidak diajarkan pada saat di bangku SMA. Maka dari itu, banyak mahasiswa yang penasaran dengan materi tersebut sehingga ingin mengambil jurusan tersebut di perguruan tinggi. Dengan alasan bahwa perguruan tinggi tentunya akan menawarkan banyak jurusan khusus yang akan didalami.

3. Termasuk Jurusan Yang Langka

Tidak seperti dengan jurusan lainnya yang mudah didapatkan di perguruan tinggi mana saja yang ada di Indonesia. Berbeda dengan jurusan yang satu ini karena termasuk jurusan yang langka karena sangat jarang ditemui di perguruan tinggi. Bagaimana tidak, jurusan tersebut memang hanya ditawarkan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret saja loh dengan jenjang Diploma IV.

4. Memiliki Lapangan Pekerjaan Yang Luas

Meskipun masih termasuk jurusan baru dan hanya ada di satu perguruan tinggi saja, namun lulusan dari jurusan ini banyak dibutuhkan. Kamu bisa bekerja sebagai seorang staff administrasi, manajer layanan administrasi, dan lain sebagainya. Dari ke semua pekerjaan tersebut tentunya akan bekerja dalam lembaga pemerintahan di berbagai daerah.

Mata Kuliah Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Jurusan yang ada di perguruan tinggi tidak lepas dengan adanya mata kuliah yang harus dipelajari dan wajib diselesaikan oleh mahasiswa. Jika tidak dapat menyelesaikan mata kuliah tersebut pastinya tidak bisa mendapat gelar sebagai seorang sarjana. Nah, berikut ini paparan mata kuliah apa saja yang akan dipelajari saat mengambil jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil.

1. Ilmu Negara

2. Pengantar Hukum Indonesia

3. Hukum Pidana

4. Hukum Perdata

5. Hukum Tata Negara

6. Hukum Perdata Internasional

7. Pendidikan Kewarganegaraan

8. Pengantar Demografi

9. Pengantar Administrasi Kependudukan

10. Sejarah Pencatatan Sipil Indonesia

Prospek Kerja Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Ada hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Hal tersebut adalah pekerjaan yang harus dimiliki agar bisa mendapat uang dan memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat pekerjaan seperti kuliah dengan mengambil jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil. Yuk simak prospek kerja apa saja yang ditawarkan oleh jurusan ini.

1. Staff Administrasi

Prospek kerja yang pertama adalah bisa bekerja sebagai seorang staff administrasi dalam lembaga pemerintahan. Mengenai tugas dari profesi ini antara lain dapat memberikan dukungan administrasi dan operasional dalam sebuah perusahaan. Bukan hanya itu, bertugas pula dalam menyiapkan tagihan, laporan, catatan surat, dan lainnya dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang akan digunakan seperti aplikasi khusus pengolah data, presentasi, database, dan lembar kerja. Tugas selanjutnya adalah melakukan riset dan mengumpulkan data sekaligus menyiapkan dokumen yang akan dijadikan sebagai bahan presentasi. Seorang staff administrasi juga wajib dalam mengikuti rapat, dengan tujuan untuk menjadi seorang notulen.

2. Manager Layanan Administrasi

Nah, kamu juga bisa bekerja sebagai manajer layanan administrasi dalam sebuah institusi. Adapun masalah tugas yang akan dikerjakan dari profesi ini antaranya dapat mengarahkan atau mengkoordinasikan departemen layanan. Departemen layanan pendukung berasal dari suatu bisnis, organisasi, maupun badan. Selain itu, dapat pula menetapkan tujuan dan tenggat waktu untuk departemen.

Tugas selanjutnya yang akan dilakukan adalah mempersiapkan, meninjau laporan, dan jadwal pelaksanaan agar tetap efisien. Kamu juga akan menganalisis proses internal, mengusulkan, serta melaksanakan perubahan kebijakan. Dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan yang dapat dicontohkan pada perubahan perlengkapan atau pembuangan arsip.

3. Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang

Tujuan mempelajari tentang hukum pada jurusan ini adalah untuk diterapkan jika bekerja sebagai petugas hakim. Petugas hakim baik dalam bidang hukum administratif, sidang, maupun menjadi seorang juri. Adapun terkait tugas yang akan dikerjakan oleh petugas hukum seperti mengadakan sidang. Dengan tujuan untuk merekomendasikan terkait dengan program pemerintah.

Selain itu, kamu juga akan bertugas dalam menentukan kewajiban, sanksi, dan merekomendasikan penerimaan dan penolakan klaim dan penyelesaiannya. Memantau dan mengarahkan aktivitas dalam sidang percobaan dan sidang sebenarnya juga termasuk tugas dari seorang petugas hukum. Dengan tujuan untuk memastikan bahwa sidang yang berlangsung dapat berjalan dengan baik.

Universitas Yang Memiliki Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Jurusan ini cukup unik, meskipun banyak sekali peminatnya, namun tidak banyak kampus yang membuka jurusan ini, Satu-satunya yang memiliki jurusan ini adalah sebagai berikut:

1. Universitas Sebelas Maret

Kita sudah ketahui bersama bahwa jurusan ini hanya ada pada satu perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan ini hanya bisa didapatkan di Universitas Sebelas Maret yang berada di Surakarta, Jawa Tengah. Perguruan tinggi tersebut sudah termasuk dalam kategori perguruan tinggi negeri sehingga banyak mahasiswa yang memiliki impian untuk berkuliah di universitas tersebut.

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai Demografi dan Pencatatan Sipil yang bisa kamu jadikan informasi. Kebanyakan calon mahasiswa jika ingin memilih jurusan tentu mencari informasi terkait terlebih dahulu. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya jurusan tersebut, bagaimana prospek kerjanya, mata kuliah apa yang dipelajari, dan lain sebagainya.

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 7 Average: 4.4]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????