Mau Jadi Animator? Pilih Jurusan Animasi!

Kamu punya hobi menggambar? Ingin buat gambarmu bergerak dengan karakter kartun? Untuk memperdalam ilmu tersebut, sebaiknya kamu kuliah di jurusan Animasi. Jurusan ini akan menjadi wadah buat kamu untuk menyalurkan hobi kamu.

Terlebih pada saat ini, gambar bergerak dengan konsep kartun sangat dibutuhkan untuk media promosi produk, film untuk anak-anak. Dengan konsep yang kreatif tersebut, bisa dipastikan kreatifitas yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi banyak orang. 

Terlepas dari itu, mendapatkan penghasilan dari kreatifitas yang kita hasilkan sangatlah membanggakan. Hal ini sangat sesuai dengan jargon lama, yaitu tidak ada kegiatan yang lebih menyenangkan, selain kesenangan atau hobi yang dibayar. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari kreatifitas kamu. 

Apa Itu Jurusan Animasi ? 

Jurusan Animasi adalah jurusan ini merupakan bagian dari program DKV (Desain Komunikasi Visual), yang dapat membuat tampilan gambar kartun bergerak dan tampak hidup. Pada beberapa Perguruan Tinggi, prodi ini berdiri sendiri sebagai prodi pilihan para mahasiswa. 

Umumnya, prodi ini dibagi menjadi dua kompetensi. Kompetensi tersebut terdiri dari film visual kartun dan game. Di prodi ini, kamu akan belajar membuat motion, effect gambar yang dihasilkan sehingga menjadi lebih menarik. 

Khususnya untuk kamu yang sering merasa penasaran dalam membuat tokoh kartun 3 Dimensi. Di prodi ini pun kamu akan mempelajari cara pembuatannya. Tentunya tidak akan penasaran lagi. Kamu bisa berkreasi dengan imajinasi kamu serta dikombinasikan dengan teknologi tercanggih saat ini. 

Kenapa Memilih Jurusan Animasi? 

Khususnya untuk calon mahasiswa yang memiliki hobi menggambar, memilih jurusan ini bukan karena alasan ingin sekedar kuliah. Namun, lebih daripada itu kamu bisa menyalurkan hobi dan kreativitas kamu. Adapun pertimbangan alasan lainnya yang membuat banyak memilih prodi ini, yaitu:

Bercita-cita Menjadi Seorang Animator 

Alasan banyak calon mahasiswa memilih jurusan tersebut, karena ingin menjadi seorang Animator. Tidak bisa dipungkiri, di Indonesia sendiri jumlah Animator masih bisa dihitung dengan jari. Oleh sebab itu, banyak film anak-anak dengan genre tersebut masih mengimpor film dari luar negeri. 

2. Kuliah Sambil Menyalurkan Hobi 

Alasan lainnya, memilih jurusan tersebut karena ingin menyalurkan hobi. Khususnya buat mereka yang hobi menggambar dan ingin memperdalam hobinya tersebut sehingga menjadi sebuah profesi. Dengan demikian, kuliah menjadi lebih menyenangkan. 

3. Memiliki Misi untuk Meningkatkan Film Kartun Berkualitas 

Kualitas film kartun di Indonesia masih kalah dengan kualitas film kartun dari luar negeri. Hal tersebut menjadi alasan banyaknya tokoh idola kartun dari luar negeri. Jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan kualitas film kartun di Indonesia, maka sebaiknya kamu memilih jurusan ini. Hal ini menjadi alasan yang kuat untuk kuliah dengan jurusan tersebut. 

4. Ingin Menjadi Bagian Memajukan Desain Komunikasi Visual di Indonesia 

Tokoh dibalik desain komunikasi visual masih terhitung dengan jari. Oleh sebab itu, banyak calon mahasiswa memilih jurusan tersebut dengan alasan ingin menjadi bagian dari desain komunikasi visual di Indonesia. Khususnya, untuk pembuatan film kartun atau pembuatan game yang masih terbilang jarang. 

5. Senang Bermain Game Visual Animasi 

Bagi para gamer memilih jurusan tersebut merupakan salah satu alasan untuk menciptakan game yang berkualitas atau ingin memperdalam ilmu desain komunikasi visual untuk game. Pasalnya hal tersebut sangat diperlukan oleh para gamer, guna mendapatkan ide untuk menciptakan game hasil karya sendiri. 

Mata Kuliah Jurusan Animasi 

Mendalami sebuah ilmu yang menggabungkan desain dan teknologi merupakan hal yang terbilang cukup sulit bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, banyak cabang ilmu yang harus dipelajari untuk menunjang pemenuhan akan keilmuan tersebut. Berikut ini adalah beberapa daftar mata kuliah yang akan dipelajari ketika masuk jurusan ini:

  1. Pemodelan 3 Dimensi
  2. Prinsip Animasi
  3. Penulisan Cerita dan Skenario 
  4. Pemodelan 3 Dimensi untuk Game
  5. Sinematografi
  6. Efek Khusus 
  7. Penyutradaraan dan Papan Cerita 
  8. Game 2 Dimensi 
  9. Animasi Interaktif 
  10. Game 3 Dimensi 
  11. Mesin Game 
  12. Desain Game 
  13. Komunikasi Visual 
  14. Menggambar 
  15. Komposisi 
  16. Ilustrasi 
  17. Studi Anatomi 
  18. Fotografi 
  19. Teori Warna 
  20. Grafis Komputer 
  21. Desain Karakter 
  22. Sejarah Seni
  23. Manajemen Studio 
  24. Proses Ide Kreatif 
  25. Pemodelan 3 Dimensi 

Prospek Kerja 

Buat kamu yang masih kebingungan akan prospek kerja bila kuliah di jurusan ini, sekarang kamu tidak perlu kebingungan lagi. Berikut ini adalah beberapa daftar profesi prospek kerja dengan jurusan tersebut, yaitu:

1. Animator dan Seniman Multimedia

Walaupun masih jarang ada di Indonesia, namun profesi yang satu ini merupakan sebuah profesi yang cukup bergengsi dengan kemungkinan mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Profesi yang satu ini merupakan bagian dari suksesnya film atau desain komunikasi visual untuk berbagai proyek. 

2. Desainer Visual Efek 

Profesi yang satu ini seringkali terdengar dibalik pembuatan film layar lebar maupun layar kaca. Dengan demikian, buat kamu yang ingin terjun dibalik pembuatan film. Maka sebaiknya kamu memilih jurusan ini dan berprofesi sebagai desainer visual efek. 

3. Desainer Video Game 

Di Indonesia sendiri, video game belum memiliki perusahaan penerbit dan pengembang game. Namun, buat kamu yang ingin menjadi seorang desainer video game, kamu bisa menciptakan game sendiri atau bekerja di perusahaan game luar negeri. 

4. Talent Director

Profesi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang kuliah dengan jurusan tersebut, dan ingin bertindak sebagai seorang Director dalam pembuatan film dengan genre kartun. Pilihan profesi ini cukup menjanjikan untuk ditekuni. Pasalnya, kamu tidak hanya mendapatkan penghasilan yang besar, namun juga terlibat dalam menghasilkan film yang berkualitas. 

5. Penerbit Digital 

Kemajuan teknologi saat ini ikut merambah pada pembuatan buku digital. Sebagaimana kita tahu, saat ini sudah banyak ebook bermunculan. Menerbitkan buku tersebut tentunya ada seorang penerbit digital yang berperan di dalamnya. Kamu pun bisa berprofesi sebagai penerbit Digital jika kuliah dengan jurusan tersebut. 

Daftar Universitas dengan Jurusan Animasi 

Sebagaimana prodi lainnya, kamu pun bisa memilih belajar di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) dengan jurusan  tersebut. Masa depan ada di tanganmu, pastikan untuk memilih kampus terbaik. 

Jika kamu berminat untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan jurusan tersebut. Ada beberapa pilihan yang direkomendasikan dengan prodi tersebut terbaik. Namun, untuk masuk ke PTN kamu harus lulus SNMPTN terlebih dahulu yah. Kamu pun bisa memilih ITB, Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret. 

Sekalipun kamu tidak lolos di kampus Negeri, kamu masih bisa masuk Perguruan Tinggi Swasta dengan prodi Desain Komunikasi Visual terbaik di Indonesia. Berikut ini beberapa daftarnya:

  1. Trisakti University 
  2. Pelita Harapan University 
  3. Bina Nusantara University 
  4. Universitas Mercu Buana 
  5. Institut Kesenian Jakarta 
  6. Petra Kristen University 
  7. Universitas Multimedia Nusantara
  8. Dian Nuswantoro University 
  9. Universitas Paramadina 
  10. ITENAS 

Daftar kampus swasta tersebut tidak disusun berdasarkan peringkat. Namun, daftar tersebut direkomendasikan buat kamu yang ingin memilih PTS dengan jurusan tersebut. Dengan demikian, kamu tidak akan kebingungan lagi. 

Memilih jurusan Animasi buat kamu sebagai calon mahasiswa baru dengan program studi yang lebih menyenangkan, karena bisa sekaligus menyalurkan hobi.oleh sebab itu, kamu harus mencari lebih banyak mengenai informasi program studi tersebut. 

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????