Jurusan Antropologi: Info Kuliah dan Prospek Kerja 

Apa kamu menyukai keilmuan yang menyangkut perkembangan budaya manusia dari zaman ke zaman? Maka sebaiknya kamu memilih jurusan Antropologi ini. Pasalnya, cabang ilmu yang satu ini mempelajari dengan lengkap mengenai kebudayaan manusia tersebut.

Menariknya, kuliah dengan jurusan ini akan mengajarkan banyak kebudayaan manusia dari berbagai negara. Dengan demikian, kamu seakan diajak berkeliling dunia, untuk mempelajari masing-masing kebudayaan suatu negara. Tentunya akan memperkaya keilmuan kamu. 

Berdasarkan hal tersebut, kamu mesti tahu lebih banyak mengenai jurusan yang satu ini. Terlebih, jurusan yang satu ini mengharuskan kamu untuk lebih banyak melakukan penelitian. Kamu diharuskan untuk berpikir kritis, analis, serta berkomunikasi dengan baik ketika berbaur dengan masyarakat. 

Apa Itu Jurusan Antropologi ? 

Ini merupakan program studi yang mempelajari banyak hal terkait dengan perkembangan kehidupan manusia. Baik itu mengenai budaya, bahasa, dan juga kehidupan beragama suatu masyarakat. Tidak hanya itu, hukum adat yang berlaku pada masyarakat tertentu turut pula dipelajari. 

Jurusan yang satu ini mengharuskan kamu untuk melakukan lebih banyak praktek di lapangan. Pasalnya, dalam mempelajari kebudayaan suatu masyarakat tidak cukup hanya mengandalkan teori semata. Kamu pun harus bisa berbaur dengan masyarakat baru, serta mempelajari banyak bahasa. 

Buat kamu yang senang travelling dan juga senang bertemu dengan lebih banyak orang baru, sangat cocok untuk memilih jurusan ini. Kamu tidak akan mengalami kejenuhan selama proses perkuliahan. Pasalnya, akan lebih banyak praktek guna menunjang perkuliahan kamu. 

Kenapa Memilih Jurusan Antropologi ? 

Calon mahasiswa yang memilih program studi ini, biasanya memiliki latar belakang yang hobi akan travelling. Khususnya berjalan-jalan ke luar negeri, karena hal tersebut akan sangat menyenangkan untuk mereka. Beberapa alasan lainnya, yaitu:

1. Mewujudkan Cita-cita Menjadi Seorang Budayawan 

Kebanyakan yang memilih jurusan ini bercita-cita menjadi seorang budayawan. Wajar saja hal tersebut terjadi. Pasalnya, seorang budayawan harus mengenal lebih banyak kebudayaan suatu masyarakat, dan keilmuan itu hanya terdapat pada program studi ini. 

2. Terlatih Untuk Berpikir Kritis 

Mahasiswa yang memilih program studi ini akan mempelajari banyak budaya dari berbagai negara dan daerah. Perbedaan kebudayaan tersebut membuat mahasiswa akan berpikir kritis. Itulah alasannya, banyak calon mahasiswa memilih program studi ini, salah satunya agar terlatih untuk berpikir kritis. 

3. Bisa Bekerja di Lembaga Penelitian Pemerintah 

Bercita-cita menjadi seorang PNS, merupakan impian banyak para lulusan Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, banyak yang berusaha meraihnya dari sejak bangku kuliah. Itulah sebabnya banyak yang beralasan untuk memilih jurusan ini karena ilmu yang dipelajarinya lebih meluas sehingga memungkinkan untuk menjadi seorang PNS.

4. Mewujudkan Cita-cita Untuk Merampungkan karya Etnografi

Alasan lainnya dari mahasiswa tersebut untuk memilih program studi ini karena ingin merampungkan karya etnografi. Bagi para peneliti sosio-kultural mempelajari etnografi dan Antropologi ini merupakan sebuah keharusan, agar dapat menghasilkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. 

5. Menyalurkan Hobi Travelling 

Memiliki hobi jalan-jalan tidak selamanya buruk. Justru di program studi ini para mahasiswa akan banyak berjalan-jalan dan mengeksplorasi berbagai kebudayaan daerah di seluruh dunia. Itulah yang menjadi alasan, banyak calon mahasiswa memilih program studi tersebut agar dapat menyalurkan hobinya untuk berjalan-jalan. 

Mata Kuliah Jurusan Antropologi 

Ketika kamu memutuskan untuk memilih program studi ini, kamu harus menyiapkan diri untuk mempelajari berbagai mata kuliah terkait jurusan tersebut. Berikut ini daftar mata kuliah yang akan dipelajari selama perkuliahan berlangsung,yaitu:

  1. Pengantar Antropologi 
  2. Antropologi Ragawi 
  3. Antropobiologi 
  4. Ilmu Filsafat 
  5. Etika Sosial dan Politik 
  6. Teori Antropologi I dan II 
  7. Ilmu Alamiah Dasar 
  8. Etnografi 
  9. Folklore 
  10. Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat 
  11. Kebudayaan dan Indrawi Manusia 
  12. Studi Gender 
  13. Kajian Pemberdayaan Masyarakat 
  14. Etnovideografi 
  15. Kajian Transgresi Sosial 
  16.  Kesuku Bangsaan dan Nasionalisme 
  17. Etnografi Kesejahteraan Sosial 
  18. Migrasi dan Perubahan Sosial-Budaya 
  19. Kajian Konsumsi dan Gaya Hidup 
  20. Etnografi Diaspora di Indonesia. 

Prospek Kerja 

Buat kamu yang memilih jurusan tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk menjalani profesi dengan latar belakang ilmu tersebut. Berikut profesi yang akan kamu geluti, setelah lulus kuliah dengan jurusan ini, yaitu:

1. Wartawan 

Profesi yang satu ini, diharuskan untuk menjelajah ke seluruh dunia untuk mendapatkan pemberitaan terbaik. Dengan demikian, lulusan program studi ini sangat cocok untuk menjalankan profesi tersebut, karena telah memiliki dasar berkeliling dunia. 

2. Staf Penelitian 

Sebagaimana program studi ini yang identik dengan penelitian. Kegiatan tersebut bisa berlanjut hingga ke dunia kerja, sebagai staf peneliti. Khususnya untuk meneliti kebudayaan baik zaman pra sejarah maupun zaman sejarah. Kegiatan ini bisa bergabung dengan pihak swasta maupun pemerintah. 

3. Dosen 

Menjadi seorang lulusan program studi ini tidak harus fokus untuk menjadi karyawan saja. Menjadi seorang dosen pun bisa dijadikan pilihan profesi. Terlebih, di Indonesia sendiri dosen yang mengajar mata kuliah terkait jurusan tersebut masih bisa dihitung dengan jari. 

4. PNS 

Profesi impian banyak orang ini bisa ditekuni ketika kamu lulus program studi tersebut. Di sini, kamu akan bekerja di Dinas Pendidikan, kementerian Kesehatan, Dinas Kependudukan. Pasalnya, ilmu pada jurusan ini memiliki cakupan yang luas. Dengan demikian, sangat memungkinkan untuk bekerja sebagai PNS. 

5. Konsultan

Memahami kehidupan masyarakat dapat dijadikan profesi yang tepat untuk konsultan masyarakat. Profesi ini hanya bisa digeluti oleh kamu yang kuliah dengan jurusan tersebut. Pasalnya, kamu memiliki dasar ilmu pengetahuan tentang kemasyarakatan, dan segala permasalahannya. 

6. Pengusaha

Berangkat dari mempelajari banyak latar belakang kebutuhan masyarakat, selama kuliah. Membuat kamu bisa menjadi seorang pengusaha, karena kamu mengetahui lebih banyak akan pangsa pasar dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, kamu pun bisa berinovasi produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Daftar Universitas dengan Jurusan Antropologi 

Jurusan ini terdapat di banyak Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di Indonesia. Dengan demikian, buat kamu yang tinggal di berbagai daerah di Indonesia dan ingin masuk kuliah prodi tersebut di PTN. Kamu bisa mendapatkan kesempatan tersebut, selama kamu lulus SNMPTN. Berikut daftarnya:

  1. UNM (Universitas Negeri Makassar) 
  2. UNP (Universitas Negeri Padang) 
  3. UNLAM (Universitas Lambung Mangkurat) 
  4. UNDIP (Universitas Diponegoro) 
  5. UNAIR (Universitas Airlangga) 
  6. UNHAS (Universitas Hasanuddin)
  7. Universitas Tanjungpura 
  8. UNIMED (Universitas Negeri Medan) 
  9. UHO (Universitas Halu OLEO)
  10. UNIBRAW (Universitas Brawijaya) 
  11. UNIMAL (Universitas Malikussaleh) 
  12. UI (Universitas Indonesia) 

Menata masa depan dengan memilih untuk berkuliah di program studi Antropologi adalah pilihan yang tepat buat kamu yang senang meneliti berbagai keaneka ragaman budaya di seluruh dunia. Lulusannya pun memiliki prospek kerja dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. 

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????