Jurusan Arkeologi: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Bagi kamu yang suka mencari tahu benda-benda di masa lampau, maka cocok masuk ke jurusan Arkeologi pasca lulus sekolah nanti. Selain perkuliahan yang tidak di dalam kelas saja, nantinya kamu akan berkeliling kota untuk mencari tahu dan menggali sumber informasi. Bagaimana? Semakin penasaran, kan?

Apa Itu Jurusan Arkeologi?

Suatu ilmu yang di dalamnya mempelajari pendekatan sejarah dengan melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap berbagai sumber primer disebut dengan Arkeologi. Sumber primer tersebut berupa seperti budaya material serta kondisi lingkungan dari peradaban di masa lampau.

Ilmu ini merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran Sejarah, serta kini sudah banyak dibuka di berbagai universitas sebagai salah satu jurusan. Tidak hanya itu, jurusan ini bahkan bisa juga termasuk dalam konsentrasi dari ilmu Antropologi. Keduanya serupa tetapi tidak sama namun sangat saling berkaitan satu sama lain.

Jurusan Arkeologi akan menuntun kamu mendapatkan berbagai pemahaman mengenai sejarah, dikhususkan peradaban masa kuno. Bahkan, melalui salah satu cabang ilmu ini, kamu nantinya bisa mengetahui permulaan masyarakat kuno mengenal huruf dan angka. Mengapa? pasalnya pada jaman itu masih sangat terbatas catatan mengenai sejarah di masa itu.

Kenapa Memilih Jurusan Arkeologi?

Sebagian besar orang mungkin akan berfikir kuliah di jurusan Arkeologi hanya akan membuang waktu dan biaya. Mengapa demikian? Pasalnya keilmuan Arkeologi dianggap memiliki peluang pekerjaan yang terbatas. Lalu, bagaimana cara meyakinkan diri perihal alasan memilih jurusan tersebut? Berikut ini jawabannya:

1. Mendapatkan Banyak Pengalaman

Jika kamu sedari kecil sudah gemar menonton film yang berbau detektif ketika dewasa ingin menjadi penyelidik, maka jurusan ini cocok untukmu. Mengapa? karena nantinya akan diajarkan dan dituntut untuk memiliki keterampilan khusus dalam mengumpulkan informasi dari masa lampau. Bagaimana? pasti menarik tentunya.

2. Sering Berkunjung ke Lokasi Baru

Jiwa explore tentu juga akan kamu dapatkan jika menempuh pendidikan di jurusan tersebut. Ketika sampai di beberapa mata kuliah tertentu mahasiswa akan diajak berkeliling ke berbagai lokasi bersejarah guna menggali informasi. Tentu kegiatan tersebut bukan hanya sekedar jalan-jalan, melainkan juga harus menyusun sebuah laporan.

3. Mahir dalam Menulis Perjalanan

Alasan berikutnya yang bisa kamu jadikan penguat ketika hendak mengambil jurusan ini adalah, nantinya bisa mahir dalam menulis. Sebagaimana diketahui bahwa tidak semua orang bisa menulis dan menjabarkan setiap detail perjalanan yang sudah ditempuh. Apabila tulisan kamu bagus, pasti kamu bisa menerbitkannya dan mendapatkan royalti.

4. Mengenal Berbagai Peninggalan Sejarah

Jika kamu tidak terlalu gemar traveling dan tetap ingin mengambil jurusan tersebut, maka kamu bisa menghabiskan waktu menjaga museum. Tentu saja didalamnya kamu bisa belajar banyak hal tentanag berbagai peninggalan sejarah di masa lalu. Bagaimana? tentu menarik, bukan?

5. Menguasai Aksara dan Bahasa Lokal

Selain keempat hal di atas, kamu juga akan menguasai berbagai aksara kuno dan bahasa lokal ketika masuk ke jurusan tersebut. Tentu saja hal itu akan menjadi nilai tambah tersendiri ketika kamu hendak melamar ke suatu perusahaan maupun instansi. Setelah membaca beberapa alasan tentang mengapa kamu harus mengambil jurusan tersebut, lantas apakah masih merasa ragu?

Macam-Macam Mata Kuliah Jurusan Arkeologi

Kuliah di jurusan Arkeologi ternyata tidak semudah dan sesingkat membalikkan telapak tangan. Ketika sudah memasuki masa kuliah nanti, kamu akan disuguhkan dengan berbagai mata kuliah yang tentunya harus dituntaskan di setiap semester. Agar kamu semakin semangat dan berkesempatan mempersiapkan diri. Apa saja daftar mata kuliah tersebut? Berikut ini diantaranya:

  1. Keramologi
  2. Ikonografi
  3. Peradaban Kuno
  4. Arkeologi Lingkungan
  5. Paleografi Indonesia
  6. Arkeologi Kolonial
  7. Pengantar Teori Arkeologi
  8. Arkeologi Maritim
  9. Prinsip-prinsip Penelitian Arkeologi
  10. Arkeologi Seni
  11. Paleoantropologi dan Bioantropologi
  12. Arkeologi Arsitektur
  13. Konservasi Arkeologi
  14. Arkeologi Sosial
  15. Kepurbakalaan Indonesia
  16. Arkeologi Ekonomi dan Pariwisata
  17. Pengantar Museologi dan Arkeologi Tekstual
  18. Metode Arkeologi
  19. Pengantar Manajemen Sumber Daya Arkeologi
  20. Aspek Hukum dalam Manajemen Cagar Budaya
  21. Epigrafi Indonesia
  22. Praktikum Arkeologi Lapangan
  23. Museum dan Publik
  24. Bangunan Kuno Indonesia
  25. Seni Kuno Indonesia
  26. Praktikum Arkeologi Laboratorium dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Sebagaimana yang sudah disinggung singkat di atas, bahwa sebagian besar orang menganggap bahwa lulusan Arkeologi kurang diterima di lapangan pekerjaan. Lantas, apakah hal itu benar? Tentu saja tidak, pasalnya setiap jurusan yang ada di suatu kampus pasti memiliki prospek kerja tersendiri, termasuk Arkeologi. Apa saja diantaranya? Simak ulasan di bawah ini:

1. Tour Guide

Pekerjaan menjadi seorang Tour Guide alias Pemandu Wisata memang terlihat menyenangkan. Namun tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang karena bisa berakibat fatal apabila salah dalam memberikan informasi. Bayaran minimal yang diperoleh dari seorang Tour Guide adalah Rp. 200.000,00 dalam sehari. Namun jika sudah bersertifikat bisa mencapai Rp. 500.000,00.

2. Jurnalis atau Reporter

Lulusan Arkeologi nantinya juga bisa menjadi Jurnalis maupun Reporter, terkhusus segmen sejarah. Profesi ini tidak hanya bisa dimasuki oleh seseorang yang berasal dari jurusan Komunikasi saja, melainkan ahli sejarah juga. Mengapa? pasalnya kamu bisa lebih detail dalam menyampaikan setiap kejadian demi kejadian di lokasi.

3. Kurator

Tahukah kamu apa pekerjaan seorang Kurator? yakni mengamati dan menganilis perkembangan seni rupa di Indonesia hingga internasional. Tidak hanya itu, seorang Kurator juga bertugas mempertimbangkan dan menyeleksi karya dan kegiatan di pameran. Gaji yang didapatkan untuk profesi ini juga terbilang besar, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Universitas yang Memiliki Jurusan Arkeologi

Jika kamu benar-benar ingin masuk jurusan Arkeologi ini, sebaiknya jangan sembarangan memilih kampus. Usahakan masuk ke dalam kampus yang benar-benar memiliki akreditasi terpercaya, sehingga ketika nanti sudah berada di lapangan lebuh mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Universitas Hasanuddin

Kampus terbaik yang ada di Makassar dan menyediakan jurusan Arkeologi adalah UNHAS alias Universitas Hasanuddin. Kamu bisa langsung menuju alamat Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Universitas Indonesia

Siapa sih yang meragukan Universitas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat ini? Jurusan Arkeologi Pun bisa kamu tempuh di salah satu kampus bergengsi di Indonesia ini. Namun, tentu saja biaya masuknya mahal sehingga bagi kamu yang merasa kurang mampu bisa masuk melalui jalur beasiswa.

3. Universitas Bandung

Bandung memang terkenal sebagai kota yang memiliki banyak pilihan kampus. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu perihal status akreditasi kampus jika ingin mengambil jurusan Arkeologi. Apabila masih ragu, mintalah saran dari orang tua maupun kerabat dekat, ya?

4. Universitas Gadjah Mada

UGM memang terkenal dengan kampus yang banyak menjadi sorotan setiap calon mahasiswa baru. Selain jurusan yang ada di universitas ini lengkap, kamu juga bisa mendapatkan berbagai beasiswa jika prestasimu mumpuni. Oleh karena itu jangan mensia-siakan peluang yang ada.

Info kuliah dan prospek kerja mengenai jurusan Arkeologi di atas, semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang penasaran. Untuk itu, simak dan pahami penjelasannya, apabila masih ragu dan kurang yakni, silahkan mengulik lebih dalam kepada kakak tingkat atau kerabat dekat, ya? Semoga sukses!

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????