Jurusan Audio Engineering: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Jurusan Audio Engineering mungkin belum terlalu populer dibanding beberapa jurusan di bidang teknik lainnya. Jurusan ini memang tergolong baru di Indonesia meski sebetulnya banyak dibutuhkan di dunia kerja. Sebelumnya, jurusan ini sangat erat dan umumnya menjadi bagian dari jurusan Teknik Elektro atau sejenisnya. Sekarang, mari berkenalan lebih dalam tentang jurusan keren ini.

Apa Itu Jurusan Audio Engineering

Sesuai dengan namanya, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang terfokus pada bidang suara atau musik. Jurusan ini masih terbilang baru dan belum banyak diajarkan di Indonesia, padahal di dunia kerja sangat membutuhkan jurusan ini. Umumnya jurusan ini masih melekat dan menjadi bagian dari jurusan lain seperti jurusan Teknik Elektro atau Telekomunikasi.

Menjadi seorang lulusan dari jurusan ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Lulusan dari jurusan ini akan memiliki kemampuan dalam mengatur suara dalam sebuah acara hingga merancang produksi musk secara profesional. Lulusan dari jurusan ini banyak dibutuhkan pada beberapa bidang seperti telekomunikasi, penyiaran, dan pertelevisian dengan nominal gaji yang cukup tinggi.

Kenapa Memilih Jurusan Audio Engineering

Jurusan ini masih tergolong sangat baru sehingga mungkin tidak banyak orang yang mengetahui dan mendapatkan informasi tentang jurusan ini. Padahal jurusan ini begitu menjanjikan dengan prospek kerja yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya memilih untuk masuk ke jurusan ini.

1. Prospek Kerja dengan Gaji Tinggi

Keutamaan ketika memilih jurusan ini adalah karena prospek kerja yang sangat luas dengan nominal gaji yang sangat tinggi. Lulusan dari jurusan Audio Engineering ini diberikan gelar sebagai Audio Engineer yang sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi. Beberapa instansi yang pasti membutuhkan profesi Audio Engineer adalah bidang pertelevisian dan studio.

Pekerjaan sebagai seorang Audio Engineer tidak sederhana. Seorang Audio Engineer harus mampu memastikan suara yang diproduksi menjadi berkualitas dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Dalam proses produksi suara ini, seorang audio engineer juga perlu melakukan beberapa manipulasi suara yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Dari berbagai situs pencari kerja dapat diketahui bahwa nominal gaji seorang audio engineer ini sangat tinggi. Di luar negeri, gaji seorang audio engineer bila dikonversi ke mata uang rupiah bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2. Cocok untuk Pendengar Musik Sejati

Jika kamu merasa sebagai seorang pendengar musik sejati, maka alasan itu sudah cukup kuat untuk membawa kamu masuk ke jurusan ini. Di jurusan ini akan ada banyak mata kuliah yang berkaitan dengan musik. Kamu akan belajar banyak hal tentang musik mulai dari nol hingga mengetahui cara memproduksi sebuah musik yang berkualitas.

3. Belajar Hal-Hal Menarik

Jurusan ini akan mengajarkan banyak hal mulai dari proses pembuatan musik hingga hal-hal mendasar seperti proses sinyal. Jadi tidak benar bila dibilang lulusan dari jurusan ini hanya mampu untuk menjadi seorang teknisi suara. Bahkan, untuk menjadi seorang teknisi suara yang profesional juga memerlukan pengetahuan mendalam tentang suara.

Di jurusan ini selain belajar tentang produksi musik juga belajar tentang proses sinyal. Sinyal audio merupakan sebuah komponen penting yang ada dalam kehidupan. Sinyal audio ini kemudian dapat diproses dengan berbagai hal seperti penambahan filter untuk menghasilkan kualitas suara yang mengagumkan.

Proses sinyal audio ini sangat dibutuhkan dalam beberapa hal. Proses pembuatan film adalah salah satu bidang yang sangat memerlukan proses sinyal audio yang baik. Hanya seorang lulusan dari jurusan ini saja yang mampu melakukan proses sinyal audio dengan baik.

Mata Kuliah Jurusan

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, dalam jurusan ini ada banyak mata kuliah terkait pemrosesan suara yang akan kamu pelajari. Tidak hanya itu, jurusan ini juga akan mengajarkan kamu tentang proses olah sinyal untuk mendapatkan suara yang berkualitas. Secara lengkap, berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan Audio Engineering.

1. Communication Skill

2. Principle of Sound and Sound Production

3. Audio Technology

4. Fundamentals of Digital Audio

5. Signal Processing and Aural Perception

6. Studio Production

7. Electronic Music Production

8. Acoustic and Live Sound Production

9. Audio Post Production

10. Managing Record Company

Bila dilihat dari deretan mata kuliah di atas, kamu bisa menilai bahwa dalam jurusan ini akan mempelajari sesuatu yang sangat luas. Jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang suara, tetapi juga bagaimana berkomunikasi hingga belajar mengurus perusahaan perekaman. Nantinya, ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini akan sangat diperlukan di dunia kerja.

Prospek Kerja Audio Engineering

Ilmu yang dipelajari selama kuliah di jurusan ini akan sangat berguna ketika di dunia kerja. Oleh sebab itu, prospek kerja dari lulusan jurusan ini begitu tinggi. Lulusan jurusan ini juga begitu dibutuhkan dalam banyak bidang. Berikut ini beberapa prospek kerja dari jurusan ini.

1. Audio Engineer

Profesi seorang audio engineer mungkin belum terlalu ramai diperbincangkan di Indonesia, dibandingkan dengan profesi lain seperti bankir misalnya. Namun, profesi ini begitu dibutuhkan, terutama untuk melakukan proses suara dalam studio, baik studio televisi maupun studio rekaman. Gaji seorang audio engineer ini juga tergolong sangat besar.

2. Konsultan Audio

Seorang lulusan dari jurusan Audio Engineering juga dibekali dengan pengetahuan mengenai proses sinyal suara. Hal ini juga dibutuhkan dalam bidang konstruksi bangunan, terutama bila sedang dalam perancangan pembangunan sebuah ruang kedap suara. Kamu bisa menjadi seorang konsultan yang memberikan pengetahuan kamu tentang semua hal yang berkaitan dengan audio untuk membantu pembuatan ruang kedap suara.

3. Produser Suara

Seorang lulusan jurusan ini juga memiliki kemampuan yang sangat cukup untuk menjadi seorang produser suara. Produser suara memang masih belum terlalu populer dibandingkan sebagai seorang musisi atau artis. Namun, keberadaan produser suara ini sangat diperlukan oleh para musisi atau artis. Seorang produser suara yang profesional hingga kini masih langka di Indonesia.

Mengingat produser suara ini masih sangat langka, maka seorang produser suara begitu dibutuhkan oleh banyak pihak. Terlebih lagi bila sudah menjadi seorang produser suara profesional seperti Piyu Padi.

Universitas yang Memiliki Jurusan Audio Engineering

Hingga kini belum banyak universitas yang memiliki jurusan ini secara khusus. Kebanyakan jurusan ini masih menempel pada jurusan lainnya. Beberapa universitas yang memiliki jurusan ini secara khusus antara lain:

1. SAE Indonesia

Memiliki nama lengkap School of Audio Engineering Indonesia, SAE Indonesia merupakan sekolah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ini. Oleh sebab itu, tidak heran bila SAE Indonesia menjadi sekolah rujukan bagi siapapun yang ingin belajar tentang teknik suara.

2. Institut Kesenian Jakarta

Selain itu, ada juga Institut Kesenian Jakarta, salah satu kampus swasta yang juga menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ini. Penyelenggaraan pendidikan dalam bidang teknik suara ini berada di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Pertunjukan. IKJ sendiri telah meluluskan berbagai lulusan berbakat dalam bidang ini.

Jurusan Audio Engineering memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat besar. Para lulusannya dibutuhkan pada banyak instansi dan profesi yang berkaitan dengan suara seperti produksi televisi hingga perusahaan musik.

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????