Jurusan Bioentrepreneurship: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Adapun pengertian dari jurusan Bioentrepreneurship adalah sebuah program studi interdisipliner. Dimana, menggabungkan antara pengetahuan dasar, keterampilan riset dalam bidang ilmu kehidupan, serta keterampilan kewirausahaan.

Interdisipliner tersebut digabungkan menjadi satu agar dapat menciptakan sebuah inovasi baru. Inovasi baru ini nantinya akan memiliki dampak dalam kehidupan nyata.

Pengetahuan dasar yang akan dipelajari oleh mahasiswa seperti pembelajaran biologi, biokimia, kimia organik, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pengetahuan kewirausahaan yang akan dipelajari seperti keuangan, bisnis, dan juga akuntansi.

Melihat dari materi pelajaran yang akan dipelajari memang termasuk menarik dan tidak membosankan karena bisa menguasai dua bidang ilmu.

Kenapa Memilih Jurusan Bioentrepreneurship ?

Dalam memilih sesuatu tentu disertai dengan alasan sebagai penguat. Seperti dalam memilih jurusan Bioentrepreneurship tentu didasarkan dengan berbagai alasan yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Salah satunya jurusan tersebut memiliki lapangan pekerjaan yang luas atau bisa juga bisa mendapat gaji tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan ulasan mengenai alasan memilih jurusan tersebut.

1. Dapat Mempelajari Dua Bidang Ilmu Dalam Satu Jurusan

Pada umumnya, jurusan yang dipilih dalam perguruan tinggi hanya mempelajari satu ilmu saja yang terkait dengan jurusan tersebut. Dimana banyak mengira bahwa hal tersebut tidak mungkin untuk didapatkan dalam perguruan tinggi. Olehnya itu, kamu tidak pernah membayangkan bisa dengan memilih satu jurusan di perguruan tinggi sekaligus mempelajari dua bidang ilmu.

Dalam jurusan ini kita akan mempelajari biologi yang dikaitkan dengan kewirausahaan. Meskipun mempelajari tentang kewirausahaan namun jurusan ini masih tergolong dalam fakultas ilmu pengetahuan alam loh. Memang jurusan ini masih bisa dibilang awam dikalangan masyarakat. Maka dari itu, banyak yang tidak mengenal jurusan tersebut.

2. Ilmu Yang Didapat Bisa Diterapkan di Berbagai Bidang

Ilmu yang didapatkan sebagai bekal setelah lulus tentunya bisa diterapkan di bidang bisnis. Mengapa demikian ? Hal tersebut dikarenakan jurusan ini juga mempelajari tentang jiwa kewirausahaan. Seperti mempelajari mengenai bagaimana cara memimpin perusahaan yang baik dan memiliki inovasi baru dalam menciptakan produk. Dengan tujuan agar konsumen tidak bosan dengan satu produk saja.

Bukan di bidang bisnis saja, akan tetapi bisa menerapkan ilmu yang dimiliki dalam bidang kesehatan utamanya dalam laboratorium. Ilmu yang diterapkan seperti ilmu farmasi, teknologi medis, dan lain sebagainya. Dari ke semua ilmu tersebut diterapkan di dalam laboratorium misalnya dalam pembuatan obat-obatan.

3. Menyediakan Lapangan Pekerjaan Yang Luas

Menyediakan lapangan pekerjaan yang luas juga termasuk sebagai alasan seseorang dalam memilih salah satu jurusan yang ada di perguruan tinggi. Salah satunya jurusan Bioentrepreneurship yang dipilih oleh mahasiswa karena memiliki lapangan pekerjaan yang luas. Bagaimana tidak, jurusan ini menawarkan lulusan untuk memiliki profesi dalam berbagai macam bidang.

Lapangan pekerjaan yang disediakan seperti menjadi seorang peneliti, menjadi seorang pengusaha dalam bidang bio, dan lain sebagainya. Dengan alasan karena mahasiswa banyak mempelajari bidang ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Olehnya itu, tidak perlu merasa bingung dan khawatir lagi pada saat mencari pekerjaan yang sesuai.

Mata Kuliah Jurusan Bioentrepreneurship

Mata kuliah yang dipelajari setiap jurusan dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang ingin dicapai dan akan diterapkan di lapangan. Dimana mata kuliah ini dijadikan sebagai ilmu untuk bekal lulusan saat terjun di lapangan. Salah satunya jurusan Bioentrepreneurship yang memiliki daftar mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa sebagai berikut ini.

1. Sel Signaling

2. Pemasaran Wirausaha

3. Desain Eksperimental

4. Manajemen Strategis Teknologi dan Inovasi

5. Prinsip Biomedik

6. Perilaku Organisasi

7. Komersialisasi Teknologi Lingkungan

8. Prinsip Bioteknologi & Bioentrepreneurship

9. Molecular Biology & Celular

10. Biokimia

11. General & Kimia Organik

12. Gen & Pengembangan

13. Proses Dari Penelitian Untuk Komersialisasi Teknologi

14. Customer Relationship Management

15. Ilmu Bioanalytical

16. Peluang Penilaian dan Bisnis Modeling

17. Prinsip Ilmu dan Teknologi Pangan

18. Mikrobiologi Umum

19. Biostatistik

20. Perilaku Konsumen

21. Strategi Kewirausahaan dan Mengakses Sumber Daya

Prospek Kerja Jurusan Bioentrepreneurship

Mendapatkan lapangan pekerjaan memang menjadi impian untuk semua orang termasuk mahasiswa lulusan dari perguruan tinggi. Dengan tujuan bisa langsung bekerja setelah lulus di bangku perkuliahan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa daftar prospek kerja dari salah satu jurusan yang ada di perguruan tinggi.

1. Konsultan Bisnis

Bekerja sebagai konsultan bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Seorang konsultan harus bisa memberikan nasehat profesional terkait sains, manajemen, dan pemasaran. Tujuan seseorang menggunakan konsultasi bisnis adalah untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan menjadi lebih efisien.

2. Pengusaha atau Wirausaha

Dengan mengambil jurusan ini, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi seorang pengusaha. Apa yang disebut dengan pengusaha ? Pengusaha dapat diartikan sebagai orang yang menjalankan bisnis baik dalam ukuran kecil maupun besar. Nantinya dalam proses bisnis ini ada sistem transaksi yang dilakukan oleh pihak produsen dan konsumen.

3. Ahli Biomedis

Menjadi ahli biomedis membuat seseorang memiliki tugas seperti melakukan penelitian bersama seorang ilmuwan makhluk hidup. Kemudian merancang dan dapat mengembangkan diagnostik medis dan menggunakan ilmu biobehavioral. Selain itu, kamu juga dapat mengajar tentang teknik biomedis dan akan meneliti material baru yang akan digunakan.

4. Ahli Mikrobiologi

Selanjutnya bisa menjadi ahli mikrobiologi yang memiliki tugas dalam menyelidiki hubungan antara organisme dan penyakit. Kemudian akan menyiapkan laporan teknis sebagai rekomendasi dari hasil penelitian yang dilakukan. Dapat pula mengawasi teknisi dan teknologi biologi saat bekerja. Tugas lain yang dikerjakan ahli mikrobiologi adalah menyediakan layanan laboratorium.

5. Peneliti Bioinformatika

Kamu juga bisa menjadi sebagai seorang peneliti bioinformatika. Dimana peneliti ini memiliki tugas dalam melakukan penelitian dengan menggunakan teori. Selain teori, dapat juga menggunakan metode bioinformatika untuk meneliti di berbagai bidang. Bidang yang dimaksud seperti bidang bioteknologi.

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????