Jurusan Bioinformatika: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Dewasa ini ada banyak sekali program studi atau jurusan yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bisa dipilih. Salah satunya adalah jurusan bioinformatika yang memang saat ini menjadi salah satu jurusan yang cukup populer di kalangan remaja. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jurusan ini sangat kekinian, modern dan sesuai kebutuhan manusia saat ini.

Dimana sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini banyak manusia di berbagai kalangan dan umur yang tidak bisa lepas dari informatika. Meski kekinian dan berkesan anak muda banget, namun tentu saja ketika memilih untuk masuk ke jurusan ini tidak bisa main-main. Ada beberapa kemampuan diri yang harus dipersiapkan untuk mengikuti setiap perkuliahan yang ada agar nantinya bisa menuntaskan pendidikan.

Nah melalui uraian artikel ini akan dijelaskan secara rinci mengenai info kuliah hingga prospek kerja dari jurusan ini. Dimana ternyata pada jurusan ini memiliki banyak sekali keunggulan dalam bidang pendidikan untuk dipilih. Apa saja memangnya? Yuk simak uraian berikut mengenai jurusan bioinformatika yang super kekinian, modern dan cocok bagi penyuka teknologi!

Apa Itu Jurusan Bioinformatika?

Nah sebelum membahas beberapa uraian seperti mengapa harus memilih jurusan ini, apa saja mata kuliah yang akan didapatkan. Apa saja kiranya prospek kerja dari jurusan ini dan pada universitas apa saja yang menyediakan jurusan terkait. Pertama-tama mari membahas pengertian dari jurusan bioinformatika terlebih dahulu sebelum merujuk pada beberapa uraian lanjutannya.

Jadi jurusan bernama bioinformatika sendiri umumnya merujuk pada keilmuan yang berbasis ilmu komputer yang mana diterapkan dalam bidang biologi. Penerapan ilmu komputer dalam bidang biologi yang semakin kompleks ini sendiri menjadi contoh kemulti disiplinan jurusan ini. Fokus jurusan ini adalah soal teknologi data juga komputerisasi yang mana bisa membantu dalam dunia biomedis, bioteknologi, biologi itu sendiri.

Jurusan ini sendiri dalam pengajarannya nantinya akan banyak merangsang mahasiswanya untuk mampu data-data dalam jumlah besar. Pengolahan data tersebut nantinya akan diajarkan dalam beberapa topik pembelajaran seperti manajemen database, algoritma, desain antarmuka dan lainnya. Jurusan ini agaknya cocok bagi penyuka dunia sains dan teknologi sekaligus.

Kenapa Memilih Jurusan Bioinformatika?

Ternyata setelah memahami pengertian serta penjelasan ringkas mengenai jurusan ini seperti diatas, jurusannya memang sangat keren ya. Nah selain berkutat dengan data, teknologi atau sains itu sendiri berikut ini ada beberapa jabaran alasan mengapa sih harus memilih jurusan ini?

1. Ada Banyak Data Didunia yang Perlu Diteliti

Alasan pertama menjadi sangat tepat sekali memilih jurusan  ini adalah karena ada banyak data dunia yang perlu diteliti. Data-data besar seperti penelitian dalam dunia sains, teknologi perusahaan atau lainnya merupakan peluang besar bagi jebolan jurusan ini. Seiring bertambahnya kebutuhan hidup dan kemampuan berkembang manusia maka akan semakin banyak data dalam ilmu kehidupan yang perlu diteliti.

2. Memiliki Banyak Lapangan Pekerjaan

Sesuai uraian diatas bahwa ada banyak data ilmu kehidupan dalam berbagai bidang yang perlu diteliti. Hal ini mengisyaratkan bahwa tentu saja lulusan dari jurusan ini jelas memiliki banyak lapangan pekerjaan nantinya. Bagaimana tidak? Hal ini dikarenakan banyak perusahaan, lembaga keilmuan dan pemerintahan yang jelas membutuhkan ahli peneliti data terkait bukan?

Bagaimanapun ketika memasuki masa dan dunia kuliah outputnya nanti adalah tetap mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu menjadi sangat perlu sekali mempersiapkan diri masuk jurusan kampus yang siap diserap oleh khalayak luas. Salah satu jurusan yang paling banyak dicari masyarakat umum adalah jurusan yang sedang dibahas bersama ini.

3. Sebuah Jurusan Menarik Bagi Para Pecinta Teknologi

Sesuai dengan namanya tentu saja jurusan ini sangat cocok bagi yang suka atau cinta dengan teknologi khususnya informatika. Apalagi bagi yang suka perhitungan, analisis, data-data teknologi maka pasti akan suka dengan model pembelajaran pada jurusan ini. Meski bukan soal robotika atau teknologi mesin juga sipil tapi kalau yang suka dengan analisis data dalam teknologi bisa ambil jurusan ini!

4. Ada Prospek Besar Sebagai Ilmuwan Teknologi Komputer

Jika memiliki cita-cita sebagai seorang ilmuwan dalam bidang teknologi komputer maka menjadi sangat tepat sekali memilih jurusan ini. Jurusan ini akan mengarahkan mahasiswanya untuk berkembang memahami data-data yang ada dalam wilayah keilmuan teknologi komputer. Meski tergolong salah satu jurusan yang tidak biasa didengar oleh khalayak luas namun jurusan ini super memiliki prospek keilmuan baik.

5. Modern dan Terus Berkembang Ilmunya

Alasan lainnya mengapa perlu sekali memilih jurusan ini adalah karena ilmunya super modern dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sehingga para civitas pendidikan pada jurusan ini bisa terus beradaptasi dengan kebutuhan hidup masyarakat sosial pada umumnya. Tentu saja jika masuk ke jurusan ini tidak akan mendapatkan ilmu yang membosankan dan terus maju sesuai ilmu kehidupan yang berkembang saat ini pula.

6. Cocok Bagi Siswa IPA yang Suka Jurusan Anti Mainstream

Jika normalnya siswa IPA masuk ke jurusan sains seperti kedokteran, lingkungan, kesehatan atau teknik. Maka jika siswa IPA yang suka jurusan anti mainstream wajib sekali dan cocok memilih jurusan ini. Jurusan ini sendiri sangat pas bagi mereka yang suka meneliti data, memiliki kehati-hatian, terstruktur, berwawasan luas dan gemar belajar lebih.

Mata Kuliah Jurusan Bioinformatika

Adapun berikut ini akan diuraikan mengenai nama-nama mata kuliah apa saja yang akan ditemui pada jurusan ini. Apa saja kiranya mata kuliahnya? Yuk simak uraiannya berikut ini!

  1. Bioteknologi
  2. Kimia
  3. Algebra
  4. Biostatistika
  5. Pemrograman Berbasis Data
  6. Struktur Data
  7. Database Manajemen
  8. Statistik dan Probabilitas
  9. Python Programming
  10. Bioentrepreneurship
  11. Fisika
  12. Pengenalan Bioinformatika
  13. Kalkulus
  14. Pengenalan Programming
  15. Data Mining
  16. Algoritma DNA Sequencing
  17. Sequence Analysis

Prospek Kerja

Diatas sudah dibahas panjang mengenai pengertian jurusan , alasan memilih jurusan terkait, dibahas juga mata kuliah yang akan ditemui. Maka berikut ini untuk melengkapi pembahasan akan dibahas mengenai prospek kerjanya bagi lulusan ini ya, apa saja kiranya?

1. Penelitian Bioinformatika

Prospek kerja pertama yang bisa dikerjakan lulusan ini tentu saja sebagai peneliti di bidangnya. Sesuai nama jurusannya maka tentu saja kamu bisa menjadi peneliti di bidang terkait. Kamu akan banyak bertemu data-data besar mengenai biologi, biomolekul dan banyak lainnya!

2. Ahli Biologi Molekul dan Sel

Bercita-cita sebagai ahli biologi molekul dan sel? maka kamu bisa mendapatkannya. Salah satu prospek kerja lulusan jurusan ini memang sebagai ahli molekul juga sel. Kamu akan banyak berhadapan dengan penelitian mengenai molekul dan sel makhluk hidup, super seru!

3. Koordinator Riset Klinis

Selain beberapa prospek kerja diatas tentu saja kamu bisa menjadi koordinator dari sebuah lembaga riset klinis. Lembaga ini bisa bersifat negeri atau swasta. Prospek kerja kamu akan luas bahkan sampai luar negeri lho!

Universitas yang Memiliki Jurusan Bioinformatika

Jika sudah mantap untuk menyelesaikan pendidikan pada jurusan ini maka menjadi perlu sekali memilih kampusnya bukan. Nah berikut ini akan diberikan informasi mengenai universitas mana yang memiliki jurusan terkait, kira-kira apa ya?

1. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Untuk universitas pertama yang memiliki jurusan keren ini adalah Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya. Kampus ini masuk dalam jajaran 58 kampus swasta yang ada di Indonesia menurut riset dari Kementerian Pendidikan. Kampus ini sendiri terletak di daerah Lampung atau Pulau Sumatera dan menawarkan dua fakultas dengan beberapa prodi.

2. Indonesia International Institute for Life Sciences

Selanjutnya untuk kampus yang menawarkan jurusan super anti mainstream ini ada Indonesia International Institute for Life Sciences. Kampus ini sendiri terletak di ibu kota tepatnya di Jakarta Timur. Kampus ini merupakan kampus swasta yang baru berdiri 2013 silam, memiliki 1 fakultas dengan 6 prodi terbaiknya termasuk bioinformatika.

Bagaimana? Kini sudah paham mengenai jurusan keren bukan. Di Atas sendiri sudah dibahas lengkap mengenai pengertiannya, alasan pemilihan jurusannya, prospek kerjanya hingga mata kuliahnya. Bahkan sudah diberikan penjelasan ringkas mengenai kampus penyedia jurusan terkait, jadi bagi yang tertarik yuk segera apply pendaftarannya!

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????