Jurusan Biomedicine: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Pernah dengar seperti apa Biomedicine? Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari ilmu science dan biologi. Berfokus pada dunia kesehatan yang menjadi di kehidupan manusia, seperti viksin, obat-obatan dan adanya perawatan medis. Dalam hal ini perkembanganan terus terjadi karena science secara bertahap mengalami revolusi dan inovasi pada kehidupan manusia. Peluang bagi kamu yang hobi dengan science jurusan tersebut bisa menjadi alternatif jurusan saat kuliah.

Apa Itu Jurusan Biomedicine?

Sebuah disiplin ilmu yang mencakup aspek kesehatan manusia, menemukan inovasi di bidang science, farmasi, dan teknologi. Penggabungan yang menemukan berbagai inovasi untuk kebermanfaatan yang diteliti bagi penyakit, wabah pada manusia serta hewan. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia kesehatan dan penasaran terhadap vaksin, pencegahan dan lainnya, maka jurusan biomedic ini sangat cocok.

Menjadi sarjana biomedic akan membuka langkah baru di dunia kesehatan dan pengembangan secara teknologi. Maka dari itu, para lulusan sarjana biomedic ini pasti memiliki bekal dalam hal meneliti, berpikir kritis, pengembangan ide dan sebagainya. Sehingga dalam perjalanan panjang bidang kesehatan manusia dan hewan terjadi berbagai invasi baru untuk kesembuhan terhadap berbagai penyakit.

Dalam memahami bagaimana biomedic berperan, bahwa dalam kesehatan global saat ini tentu banyak penyakit yang muncul. Permasalahan tidak hanya dihadapi oleh manusia tetapi juga hewan. Dengan begitu biomedic merupakan cabang ilmu biologi, scinec dan teknologi yang berhubungan dengan kesehatan. Yang nantinya merupakan peran penting pada aspek kesehatan manusia.

Pemahaman yang didapatkan bahwa biomedic bekerja, maka selanjutnya biomedic berperan besar dalam keberadaan global saat ini. Tentang perawatan, obat-obatan dan penelitian virus yang merupakan bagian penting terjadi di Indonesia khususnya. Tentunya ada alasan tersendiri kenapa memilih jurusan Biomedicine sebagai ilmu lanjutan saat kuliah.

Kenapa Memilih Jurusan Biomedicine?

Alasan memilih jurusan biomedic tentu didasarkan pada beberapa faktor yang mempengaruhi. Kamu bisa melihat beberapa alasan kenapa biomedic menjadi jurusan yang dipilih setelah melanjutkan kuliah.

1. Melakukan Penelitian dan Pengembangan Alat Kesehatan

Semakin berkembangnya dunia saat ini tentu memberikan efek pada kerusakan alam, timbulnya virus baru dan berbagai hal lainnya yang begitu berpengaruh. Oleh karena itu, diperlukan disiplin ilmu yang berfokus pada penelitian serta melakukan pengembangn pada alat kesehatan. Tidak hanya itu, tapi juga dikembangkan berbagai macam pengobatan baik untuk manusia juga hewan.

Sehingga biomedic ini merupakan ilmu yang begitu memiliki pengaruh yang besar di kehidupan. Memberikan berbagai inovasi dari penelitian yang dilakukan dan melahirkan alat kesehatan yang sangat direkomendasikan bagi umat manusia. Bahkan peralatan canggih guna penanganan hewan ternak dan berbagai penunjang lainnya.

2. Lapangan Kerja Terbuka Luas

Alasan penting jurusan biomedic menjadi pilihan yaitu adanya lapangan kerja yang begitu luas, banyak kesempatan diluar sana. Karena menyangkut dengan ilmu kesehatan, penilitan dan pengobatan yang membutuhkan ilmu serta ide dan inovasi. Tentunya lapangan kerja yang berhubungan dengan ilmu biomedic sangat terbuka lebar saat ini.

Berbagai kesempatan terbuka lebar bagi lulusan sarjana biomedic. Jadi tidak perlu khawatir dengan ketersediaan lapangan kerja setelah lulus kuliah. Kamu bisa ambil bagian di berbagai bidang yang ada dan lanjut bekerja sesuai penerapan Ilmu kamu.

3. Bisa Berkesempatan Magang di Luar Negeri

Ada join magang untuk jurusan biomedic ini, tentunya pada calon sarjana sebelum menyandang gelar lulus bisa berkesempatan di luar negeri. Keren bukan? bahwa jurusan biomedic membuka peluang para mahasiswanya mendapatkan kesempatan ke luar negeri. Perkembangan bidang kesehana memang selalu mengalami peningkatan, menjadi bagian penting bagi jurusan biomedic untuk ambil bagian.

Jika setelah magang di luar negeri tentu bisa membuka peluang selanjutnya tentang pekerjaan disana. Bisa jadi setelah lulus malah bekerja di luar negeri, karena jurusan biomedic ini merupakan pengaruh pada aspek global. Sehingga, lahirlah berbagai inovasi baru dan kecanggihan pada bidang kesehatan.

4.Jurusan Keren Dengan Prospek Tinggi

Jurusan Biomedicine dianggap keren dan sangat berpeluang sehingga begitu banyak diminati oleh orang-orang. Kamu yang tertarik dengan science tentu sangat pas adanya biomedic ini, merupakan salah satu jurusan keren. Bahkan untuk jenjang karir dan prospek kerja begitu tinggi sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan pekerjaan.

Aspek kesehatan begitu sangat luas, pastinya banyak bagian dan prospek kerja bagi jurusan biomedic. Bahkan berbagai kesempatan besar menanti, seperti di perusahaan negara, perusahaan swasta hingga badan penelitian. Kamu tinggal memilih sesuai passion yang disukai.

5. Menjadi Bagian Dunia Kedokteran

Dunia kedokteran merupakan dunia yang semakin berkembang secara ilmu pengetahuan. Mulai dari menangani kesehatan, penyakit hingga meneliti gejala yang terjadi, karena manusia dan alam banyak berubah. Maka, di dunia kedokteran pun dibutuhkan jurusan biomedic. Untuk menemukan ide dan inovasi baru tentang obat-obatan, alat kedokteran hingga cara pengobatan.

Dengan adanya beberapa alasan tersebut, tentunya akan menjadi pertimbangan kamu saat memilih biomedic sebagai lanjutan mata kuliah. Selanjutnya kamu tentu akan mempelajari mata kuliah yang ada pada jurusan biomedic tersebut hingga jadi sarjana.

Mata Kuliah Jurusan Biomedicine

Inilah beberapa mata kuliah yang ada pada jurusan biomedic. Mata kuliah tersebut merupakan dasar dan penting guna mengikuti perkuliahan biomedic.

1. Biotechnology & Bioentrepreneurship

2. 2ICT in Life Science

3. Calculus

4. Molecular & Cellular Biology

5. Principle of Food Science & Technology

6. Biostatistics

7. General Microbiology

8. Genes & Development

9. Principle of Biomedicine

10. Biochemistry

11. Organic Chemistry

12. Alternative Medicine

13. Bioanalytical Science

14. Human Anatomy & Physiology

15. Immunology

16. System Pathology

17. Tissue Biology

18. Cell Signaling

19. Endocrinology

20. Microbes & Host Interaction

21. Molecular Medicine

22. Natural Products & Medicinal Chemistry

23. Toxicology

24. Cancer Immunology

25. Molecular Oncology

26. Virology

27. Parasitology

28. Bacteriology

29. Blood Based Tumor Biology

30. Canceromics

31. Solid Tumor Biology

Itulah beberapa mata kuliah yang ada saat mengikuti jenjang sarjana dengan jurusan biomedic. Selanjutnya kamu juga perlu tahu apa saja prospek kerja yang ada pada jurusan biomedic.

Prospek Kerja Jurusan Biomedicine

Saat melanjutkan kuliah di jurusan biomedic, tentu berpikir akan prospek kerja. Bagi jurusan biomedic sendiri prospek kerja sangat terbuka lebar. Bahkan memiliki banyak kesempatan di berbagai bidang.

1. Karier di Lembaga Riset

Kamu bisa berkarier di lembaga riset yang ada seperti Litbang, LIPI yang tentunya berfokus pada berbagai penelitian. Disana kamu bisa mengembangkan ilmu dan menemukan berbagai ide baru dibidang science. Sehingga ilmu yang didapat saat kuliah semakin bermanfaat dan menunjang karier nantinya.

2. Kerja di Instansi Pemerintah

Tidak hanya sebagai peneliti saja, kamu juga bisa kerja di Instansi Pemerintah seperti kementrian Kesehatan. Banyak peluang yang ada disana karena tentunya instansi pemerintah butuh tenaga ahli yang berlatar belakang jurusan biomedic. Biasanya jika kamu bekerja di Instansi pemerintah kamu menjadi PNS yang artinya siap mengabdi untuk negara.

3. Bekerja di Bidang Farmasi

Industri farmasi sangat luas, mengingat farmasi merupakan hal penting bagian dari pengobatan hingga penyedia peralatan medis. Maka, kamu sebagai sarjana biomedic bisa ambil bagian di jurusan farmasi ini. Bahkan peluang bidang farmasi sangat banyak dan terbuka lebar untuk pekerjaan.

4. Bagian Dari Bidang Kedokteran

Kedokteran berhubungan dengan instansi rumah sakit dan berbagai macam pelayanan kesehatan. Maka kamu bisa mengambil bagian disana, dengan banyaknya fasilitas kesehatan hingga bagiannya. Seorang sarjana biomedic akan dibutuhkan di berbagai tempat.

5. Jadi Seorang Akademisi

Jadi seorang akademisi juga tidak kalah penting, kamu bisa ambil bagian sebagai pengajar. Menjadi dosen tentunya akan mentransfer ilmu dan ikut andil dalam memberikan wawasan pada generasi bangsa. Kamu justru bisa menuangkan ilmu dan penilitianmu via jurnal, sehingga tetap bisa berkontribusi pada pengetahuan.

Itulah beberapa prospek kerja jika kamu memilih jurusan biomedic. Selanjutnya kamu perlu memahami beberapa universitas yang ada dengan pilihan jurusan biomedic.

Universitas yang Memiliki Jurusan Biomedicine

Inilah beberapa universitas yang terbaik dengan memiliki jurusan Biomedic. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan universitas mana yang nantinya akan kamu pilih.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sebuah kampus yang memiliki jurusan Biomedic dan merupakan kampus terkenal dengan lulusan terbaik. Tidak heran jika lulusan kampus ITS tersebut berpeluang besar di dunia kerja terutama biomedic. 

2. Universitas Airlangga

Kampus negeri terbesar di Surabaya ini sangat terkenal dengan lulusan terbaik UNAIR. Menjadi mahasiswa UNAIR dengan pilihan jurusan biomedic tentu membuka banyak peluang di masa depan. 

3. Universitas Indonesia

Kampus tertua dan paling terkenal di Indonesia yaitu UI ini. Tentunya sudah sangat memiliki nama, maka menjadi kebanggaan tersendiri jika menjadi bagian sarjana biomedic UI. Dan lulusan UI sudah banyak yang bekerja di berbagai bidang. 

4. Institut Teknologi Bandung

ITB, sebuah kampus di Bandung yang sangat terkenal dengan berbagai macam jurusan yang ada. Salah satunya biomedic. Tentunya pilihan ITB menjadi hal yang tepat dan begitu membanggakan sebagai sarjana biomedic nantinya. 

Demikian lah info lengkap terkait jurusan biomedis yang memiliki prospek kerja sangat bagus di dunia kesehatan dan sains. Jangan lupa mempertimbangkan hal tersebut saat kamu memilih jurusan dan melanjutkan kuliah.

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 1 Average: 3]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????