Jurusan Budidaya Perikanan: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Sebagai  negara maritim, Indonesia memiliki beragam biota laut dan ikan. Dengan demikian, buat kamu sebagai pewaris bangsa harus pandai mengelolanya. Aku sarankan kamu untuk memilih jurusan budidaya perikanan, yang di dalamnya akan mempelajari tata cara akuakultur.

Kekayaan bangsa ini harus dijaga dan dikembangkan, oleh sebab itu sebagai generasi penerus bertanggungjawab terhadap kelangsungan kekayaan laut tersebut. Mungkin diantara kamu merasa kebingungan untuk memilih jurusan tersebut.

Untuk para calon mahasiswa bingung untuk memilih jurusan tersebut karena kurangnya informasi yang lengkap akan segala sesuatu yang menyangkut jurusan tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus banyak menggali informasi mengenai jurusan tersebut. Salah satunya membaca artikel ini, yang akan memberikan informasi yang lengkap.

Apa itu Jurusan Budidaya Perikanan?

Jurusan budidaya perikanan adalah program studi yang terdapat di kampus untuk mempelajari tata cara perawatan ikan laut dan ikan air tawar, udang dan beragam biota laut. Termasuk diantaranya mempelajari akuakultur dan penanggulangan penyakit pada ikan.

Tidak hanya itu, program studi ini akan mempelajari teknik pembibitan untuk ikan agar jumlah ikan di Indonesia semakin meningkat. Hal tersebut akan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan adanya ikan.

Program studi ini tidak hanya mempelajari proses input dalam melakukan budidaya ikan tetapi juga proses output, yang meliputi teknik pengelolaan ikan. Dengan demikian, kekayaan ikan yang ada di Indonesia bisa menjadi sumber daya alam hayati yang dapat diekspor untuk meningkatkan pendapatan negara.

Kenapa Memilih Jurusan Budidaya Perikanan?

Khususnya untuk kamu para generasi muda yang menjadi pewaris bangsa, kamu sangat disarankan untuk memilih jurusan ini dengan berbagai alasan yang mendasarinya, yaitu:

1. Kekayaan Ikan di Indonesia Harus Dikelola Oleh Ahlinya

Sebagai negara yang memiliki laut yang luas, tentunya Perikanan pun sangat berlimpah. Agar dapat bersaing dengan negara penghasil ikan lainnya, diperlukan tenaga ahli yang kompeten untuk mengelola perikanan tersebut. Inilah alasan pertama, kenapa sebaiknya kamu memilih jurusan ini.

2. Indonesia Berpotensi untuk Menghasilkan Produk Perikanan yang Berkualitas

Walaupun sumber daya alam di daratan Indonesia sudah semakin sedikit, namun Indonesia memiliki sumber daya alam laut yang melimpah. Oleh karenanya, Indonesia sangat berpotensi untuk menghasilkan produk perikanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, banyak mahasiswa yang beralasan tersebut dalam memilih jurusan ini.

3. Mahasiswa yang Bercita-cita untuk Menjadi Pengusaha Ikan

Menjadi seorang pengusaha perikanan di Indonesia masih terhitung dengan jari. Padahal pengusaha yang bergerak di bidang tersebut, berpotensi mendapatkan penghasilan yang melimpah. Dengan demikian, mahasiswa yang bercita-cita menjadi pengusaha perikanan akan memilih jurusan tersebut.

4. Kesenangan Atau Hobi dalam Membudidayakan Ikan

Alasan lainnya memilih jurusan ini yaitu kesenangan atau hobi dalam membudidayakan ikan. Hobi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihalang. Itulah sebabnya, calon mahasiswa yang menyukai akan keanekaragaman perikanan akan memilih jurusan ini.

5. Proses Perkuliahan Tidak Membosankan

Terkadang para mahasiswa akan bersemangat untuk kuliah pada semester awal perkuliahan. Namun, di pertengahan seringkali merasa jenuh. Tidak demikian dengan jurusan ini, jurusan ini akan belajar lebih banyak praktikum sehingga dijamin kuliah tidak akan membosankan.

 Mata Kuliah Jurusan Budidaya Perikanan

Jurusan budidaya perikanan tidak sulit, bahkan sangat menyenangkan., pada banyak kampus dikenal juga dengan prodi budidaya perairan. Prodi tersebut menyangkut tentang tata cara pengembangan ikan dengan teknologi perairan. Itulah sebabnya prodi ini memiliki nama yang berbeda pada setiap kampus.  Adapun mata kuliah lainnya yang akan dipelajari selama perkuliahan adalah:

  1. Iktiologi
  2. Mikrobiologi Akuatik
  3. Fisiologi Organisme
  4. Biokimia Nutrisi
  5. Dasar-dasar Genetika Ikan
  6. Hukum Kelautan & Perikanan
  7. Kewirausahaan
  8. Parasit Organisme Akuatik
  9. Kultur Ikan Hias dan Akuaskap
  10. Nutrisi untuk Ikan
  11. Pengelolaan Kualitas Air dalam Ak
  12. Fisiologi Reproduksi Organisme Perikanan
  13. Histologi
  14. Pakan Alami untuk Perikanan
  15. Perkembang Biakan Ikan
  16. Teknologi Pengelolaan Air
  17. Penyuluhan Perikanan dan Komunikasi
  18. Rekayasa Teknologi Perairan
  19. Teknologi Pembenihan Perikanan dan Manajemen
  20. Ekologi

 Prospek Kerja Budidaya Perikanan

Dalam memilih jurusan kuliah, kamu tentunya akan mempertimbangkan prospek kerja jurusan tersebut. Untuk prodi ini dengan cakupan ilmu yang luas termasuk di dalamnya Akuakultur akan berpeluang untuk bekerja sebagai:

1. Pengusaha Tambak Udang

Ilmu yang akan dipelajari meliputi cara penambakan udang. Oleh sebab itu jurusan ini memiliki prospek kerja sebagai pengusaha tambak udang. Menjadi seorang pengusaha tambak udang memiliki omzet yang cukup menjanjikan. Terlebih di Indonesia sendiri, didukung dengan media yang menunjang, serta jumlah ekspor udang ke luar negeri masih kecil, menjadikan profesi ini berpeluang besar.

2. Teknisi Tambak Udang

Banyak masyarakat yang sadar untuk menjadi pengusaha tambak udang karena potensinya yang sangat menjanjikan. Oleh sebab itu, banyak dibuka usaha tambak udang, sehingga akan terbuka kesempatan sebagai teknisi tambak udang. Profesi yang satu ini mendukung para petani udang.

3. PNS

Profesi yang menjadi impian banyak orang ini akan menyerap banyak lulusan dengan jurusan tersebut untuk bekerja sebagai pegawai Negeri Sipil, tepatnya bekerja di Dinas Perikanan dan Kelautan di seluruh wilayah di Indonesia. Kamu tentunya akan bangga bila bisa menjadi seorang PNS.

4. Bekerja di Perusahaan Besar Ekspor Ikan

Menjadi bagian dari kegiatan ekspor ikan bisa dilakukan dengan cara bekerja di perusahaan besar pengekspor ikan. Menjalani profesi yang satu ini tidak hanya berorientasi terhadap penghasilan semata tetapi juga turut serta memajukan perdagangan ekspor ikan di Indonesia.

5. Bekerja di Laboratorium Perikanan

Berbekal ilmu tentang hama dan penanggulangannya pada ikan, membuatmu bisa bekerja di laboratorium perikanan. Bekerja di sini akan meneliti berbagai jenis penyakit yang menyerang ikan dan juga pembibitan ikan yang unggul. Tentunya ilmu kamu selama kuliah di jurusan ini akan sangat bermanfaat bila bekerja sebagai staf laboratorium perikanan.

Universitas yang Memiliki Jurusan Budidaya Perikanan

Ada banyak pilihan PTN terbaik atau PTS dengan jurusan budidaya perikanan yang bisa kamu pilih. Sebelumnya, jika kamu ingin masuk PTN, kamu harus lulus SNMPTN terlebih dahulu sebagaimana syarat masuk perguruan Tinggi Negeri. Adapun untuk Perguruan Tinggi Negeri yang bisa kamu pilih dengan jurusan ini yaitu:

  1. ITB
  2. UMUL (Universitas Mulawarman)
  3. Universitas Mataram
  4. IPB
  5. Universitas Maritim Raja Saleh
  6. UNIBRAW (Universitas Brawijaya)
  7. UNDIP (Universitas Diponegoro)
  8. UNAIR (Universitas Airlangga)
  9. UNHAS (Universitas Hasanuddin)
  10. UNDIP (Universitas Diponegoro

Memilih prodi budidaya perikanan atau budidaya perairan (akuakultur) merupakan langkah yang tepat untuk memajukan potensi bangsa. Terlebih, Indonesia sendiri memiliki  laut yang cukup luas dengan keanekaragaman ikan di dalamnya. Sumber daya alam kelautan tersebut sangatlah potensial untuk dikembangkan.

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????