Jurusan Business Law: Info Kuliah dan Prospek Kerja

Kamu harus tahu, bahwa ilmu hukum itu luas, tidak sebatas hukum pidana dan perdata saja. Khususnya untuk mereka yang terjun lama di dunia bisnis, harus tahu hukum dan peraturan terkait kegiatan bisnis itu. Oleh sebab itu, buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang seluk beluk bisnis, memilih jurusan business law ini sangat disarankan.

Mempelajari ilmu yang satu ini, tidak hanya untuk kamu seorang. Kamu bisa membantu orang tua kamu dan juga saudaramu yang telah lama terjun dalam dunia bisnis. Termasuk jika mereka mengalami masalah atau kendala terkait bisnis tersebut. Pasalnya kamu mengetahui ketentuan dan hukum yang berlaku, sehingga kamu pun bisa menyelesaikan sengketa tersebut.

Tertarik untuk memilih jurusan ini? Kamu harus membaca lebih banyak informasinya dalam artikel ini. Khususnya buat kamu yang pandai negosiasi dan komunikasi. Pasalnya jurusan ini akan ditunjang dengan keahlian dasar tersebut. Maka dari itu, salurkan minat dan bakatmu melalui jurusan ini.

Apa itu Jurusan Business Law?

Jurusan business law adalah program studi atau peminatan yang diselenggarakan beberapa kampus tertentu untuk mempelajari ilmu dasar hukum terkait aktivitas bisnis. Cakupannya sangat luas terkait bisnis tersebut, yaitu meliputi perdagangan, dan juga hukum bisnis ekspor dan impor.

Dalam aktivitas bisnis, mengetahui hukum yang mengatur terkait akan hal tersebut sangatlah penting agar aktivitas bisnis tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Dalam jurusan ini juga akan mempelajari mengenai sengketa permasalahan terkait bisnis tersebut, sehingga dapat segera ditemukan solusinya.

Program studi ini memiliki prospek kerja yang cerah, bahkan lulusannya berkesempatan untuk mendapatkan profesi yang cukup bergengsi. Oleh sebab itu, banyak calon mahasiswa yang berlomba untuk bisa masuk dan kuliah di jurusan ini. Alasan selengkapnya akan dibahas kemudian.

Kenapa Memilih Jurusan Business Law?

Jika kamu ingin terjun menjadi seorang pebisnis profesional, kamu sebaiknya memilih program studi ini. Ada beberapa alasan baik dan bermanfaat untuk kamu terkait jurusan ini. Berikut beberapa alasannya:

1. Mengenal Peraturan Dunia Bisnis Secara Mendalam

Memilih prodi business law akan mempelajari ilmu hukum dalam aktivitas bisnis akan membuatmu lebih memahami peraturan dalam dunia bisnis tersebut. Termasuk ketika melakukan transaksi dengan klien, membuatmu lebih paham mengenai apa yang harus dilakukan agar tidak keluar dari koridor yang ditetapkan oleh Pemerintah.

2. Terhindar dari Berbagai Kecurangan dalam Bisnis

Adakalanya dalam melakukan aktivitas bisnis seringkali menemukan berbagai kecurangan yang dilakukan oleh klien baik sengaja maupun tidak sengaja. Dengan mempelajari hukum bisnis ini, kamu akan terhindar dari berbagai kemungkinan kecurangan yang terjadi pada aktivitas bisnis tersebut. Pasalnya, kamu sendiri sangat tahu hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

3. Dapat Segera Menemukan Solusi Jika Menghadapi Permasalahan Bisnis

Permasalahan atau kendala terkait dunia bisnis seringkali menghambat aktivitas bisnis tersebut. Jika kamu awam dalam dunia bisnis, tentunya kamu akan kebingungan untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan sengketa tersebut. Oleh sebab itu, alasan kenapa kamu harus memilih jurusan ini jika ingin terjun ke dunia bisnis. Kamu akan segera menemukan solusi atas semua permasalahan terkait bisnismu.

4. Mampu Menyelesaikan Sengketa Terkait Bisnis

Sengketa dengan rekan bisnis harus segera diselesaikan sesegera mungkin. Pasalnya akan berdampak buruk pada perkembangan bisnismu nanti. Oleh sebab itu, kamu harus memilih jurusan ini jika ingin terjun ke dunia bisnis nantinya, agar kamu mampu menyelesaikan sengketa sendiri.

5. Proses Perkuliahan Sangat Menarik

Memilih jurusan business law, cocok untuk kamu yang senang dengan perkuliahan dengan banyak praktikum. Dengan demikian perkuliahan menjadi tidak membosankan. Di sini, kamu akan mempelajari budaya bisnis yang berbeda pada setiap negara sehingga ilmu pengetahuan dan wawasan kamu semakin luas karenanya.

Mata Kuliah Jurusan Business Law

Sebagai calon pebisnis yang harus tahu tentang hukum, jurusan ini akan mengajarkan banyak hal terkait aktivitas bisnis dan hukum tersebut. Oleh sebab itu, banyak mata kuliah yang harus kamu pelajari agar ilmu dan wawasan kamu semakin luas. Berikut ini daftar mata kuliah yang akan kamu  terima selama proses perkuliahan.

  1. Ilmu Negara
  2. Pengantar Ilmu Hukum
  3. Pengantar Hukum Indonesia
  4. Ilmu-Ilmu Empiris tentang Hukum
  5. Hukum Islam
  6. Hukum Administrasi Negara
  7. Hukum Acara
  8. Dasar Hukum Bisnis
  9. Hukum Perlindungan Konsumen
  10. Hukum Tata Negara
  11. Hukum Perdata
  12. Hukum Pidana
  13. Hukum Bisnis Islam/Syariah
  14. Hukum Persaingan Usaha
  15. Alternatif Penyelesaian Sengketa
  16. Hukum Investasi
  17. Hukum Perbankan
  18. Hak Kekayaan Intelektual
  19. Hukum Siber
  20. Hukum Perburuhan
  21. Hukum Privacy Data
  22. Penalaran Hukum
  23. Hukum Internasional
  24. Hukum Adat dan Agraria

Prospek Kerja Business Law

Walaupun untuk setiap lulusan program studi ini lebih difokuskan untuk menjadi pebisnis, namun ada banyak pilihan profesi lainnya yang sangat bergengsi dan memiliki penghasilan yang mumpuni. Berikut adalah daftar profesi yang bisa digeluti ketika lulus nanti:

1. Advokat

Profesi yang satu ini sangat piawai dalam bidang hukum. Kamu pun bisa memilih profesi yang satu ini, karena telah banyak mempelajari mata kuliah terkait hukum di segala bidang, walaupun konsentrasi kamu lebih fokus ke arah hukum bisnis.

2. Konsultan Bisnis

Menjadi seorang konsultan bisnis dibutuhkan oleh banyak pebisnis yang ingin bertahan atau baru merintis bisnisnya. Terlebih, jika kamu paham akan hukum bisnis tersebut. Dipastikan kamu pun akan dicari banyak orang untuk berkonsultasi terkait bisnis.

3. Mediator

Profesi yang satu ini menjadikanmu sebagai pihak ketiga dalam aktivitas bisnis. Job deskripsinya sama dengan advokat,hanya saja di sini kamu bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

4. In House Legal

Berbeda dengan advokat yang bekerja secara independen. Profesi yang satu ini terikat pada satu perusahaan dan bertindak sebagai pengacara pada perusahaan tersebut. Profesi yang satu ini terikat dalam kontrak kerja perusahaan, dimana tempatnya bekerja.

Universitas yang Memiliki Jurusan Business Law

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terdapat jurusan ini. Buat kamu yang ingin masuk ke PTN/PTS yang terdekat dengan wilayah domisili kamu agar proses perkuliahan berjalan lancar. Berikut adalah beberapa daftarnya:

  1. BINUS University
  2. IAIN Kudus
  3. Institut Agama Islam Negeri Padang Sidempuan
  4. IAIN Sultan Thaha Saifudin Jambi
  5. Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara
  6. President University
  7. SAE Indonesia
  8. Sampoerna University
  9. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar
  10. STIH Lentera
  11. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malikussaleh
  12. UNTAG 45 Jakarta
  13. Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG 45) Samarinda
  14. UNTAG 45 Semarang
  15. Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG 45) Surabaya
  16. Agung Podomoro University
  17. Universitas Abulyatama
  18. UNAIR (Universitas Airlangga)
  19. Ahmad Dahlan University
  20. Universitas Al – Asyariah Mandar
  21. Atma Jaya Makassar University
  22. UNDAL (Universitas Andalas)
  23. Universitas Asahan
  24. Atma Jaya University Yogyakarta
  25. Universitas Balikpapan

Sambutlah masa depan yang lebih gemilang dengan menjadi seorang pebisnis yang handal di bidang hukum. Oleh sebab itu, aku sarankan kamu untuk masuk program studi business law ini. Dengan penjelasan yang telah disinggung sebelumnya tentunya kamu bisa menarik benang merah akan keuntungan masuk program studi tersebut.

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????