Memilih Universitas yang Tepat dengan Mudah!

Cara Memilih Universitas dengan Tepat

“Bur, bagaimana langkah akurat dalam memilih universtas yang tepat?” seseorang mengetuk Burhan lewat DM.

Burhan paham. Momen setelah kelulusan yang paling meresahkan salah satunya ialah kebingungan memilih universitas atau kampus. Di Indonesia, tidak sulit untuk mencari dan menemui tempat menimba ilmu karena jumlahnya yang sangat menjamur. Tetapi, kuantitas tersebut juga masih tidak sejalan dengan kualitas. Maksudnya?

Sebelumnya, Edukawan mesti paham bahwa sejatinya membangun suatu perguruan tinggi tidak semudah membangun istana pasir di tepi pantai. Perguruan tinggi atau suatu universitas harus memiliki setidaknya beberapa poin dalam studi kelayakan, yang kemudian dibuktikan dengan adanya kejelasan status di mata hukum. Perguruan tinggi atau universitas yang berkualitas memiliki kedudukan yang jelas dan bertanggungjawab atas segala hal yang berkaitan dengan kampus tersebut.

Rentang waktu yang dibutuhkan dalam menempuh studi lanjut di Indonesia berkisar antara 3-4 tahun. Dengan waktu yang selama itu, ada baiknya jika kita ber-tabayyun terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkuliah di kampus tersebut. Lantas, bagaimana langkah yang akurat dalam memilih universitas? Simak rangkuman Burhan kali ini, yuk!

1. Mengecek Ketersediaan Jurusan yang Kamu Tuju di Universitas Tersebut

Salah satu tujuan berkuliah pastinya untuk menekuni bidang yang kamu minati. Pemilihan jurusan atau program studi antara satu orang dengan yang lain tentu bisa tidak sama tergantung referensi masing-masing. Perlu kamu ketahui, di perguruan tinggi A atau B juga belum tentu memiliki jurusan yang kamu atau teman kamu minati. Bisa saja, universitas A memiliki program studi yang temanmu inginkan, tetapi untuk jurusan impianmu ternyata belum tersedia. Sebaliknya, kamu ternyata menemukan jurusan impianmu di universitas B, yang mana tidak memiliki jurusan keinginan temanmu.

Edukawan pernah dengar istilah salah jurusan? yaitu suatu kondisi di mana mahasiswa merasa terbebani oleh jurusan kuliahnya, sehingga ia tidak bisa leluasa mengeksplor minat bakatnya apalagi menikmati masa-masa kuliah. Biasanya, seseorang yang merasa salah jurusan karena tidak begitu memperhatikan minat serta bakatnya sejak awal. Jadi, sulit untuk memaksakan diri mendaftar di suatu perguruan tinggi jika jurusan impianmu tak tersedia.

Jangan jadi salah jurusan, ya!

2. Mengecek Peringkat atau Ranking Universitas

Kedua, cobalah untuk penasaran terhadap kualitas universitas tujuan. Edukawan bisa memulainya dengan mencari tahu peringkat atau ranking perguruan tinggi yang bersangkutan dari sumber terpercaya. Meskipun beda indikator beda hasil yang didapatkan, tetapi hal itu justru bisa menjadi referensimu dalam memilih universitas terbaik dalam kacamata dirimu sendiri. Dari banyaknya sumber yang membuat pemeringkatan, Burhan pernah membuat artikel dengan topik serupa berdasarkan data yang dirilis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di sini.

Peringkat atau ranking universitas memang bukan satu-satunya penentu kesuksesan, Edukawan. Tetapi, adanya data pemeringkatan dapat membantu kita dalam memilih mana universitas yang layak diprioritaskan. Fungsi lainnya adalah untuk menggambarkan seberapa kuat pesaingmu atau bagaimana kira-kira atmosfer pembelajaran yang mungkin berlangsung di dalam sana.

3. Membaca Ulasan terhadap Universitas

Era teknologi sangat memudahkan kita dalam hal apa pun, salah satunya yaitu kemudahan untuk mendapatkan informasi secara daring melalui portal-portal berita online. Di mesin pencarian yang biasa Edukawan manfaatkan, kita bisa dengan bebas mencari tahu tentang sesuatu tak terkecuali untuk yang satu ini. Ada beberapa situs web yang bisa kamu gunakan untuk sekadar mencari ulasan terhadap suatu universitas maupun jurusan. Selain itu, konten serupa di media sosial seperti Instagram dan Twitter juga sudah cukup banyak bertebaran. Bahkan, informasi tersebut disajikan dalam infografis yang menarik. Hayo.. pernah lihat di mana? Eduka System juga punya!

Jika Edukawan ingin jawaban yang lebih akurat dan rinci, Burhan sarankan  untuk bertanya langsung pada narasumber hidup yang memiliki hubungan dengan kampus tersebut. Jangan lupa tanyakan ketersediaannya sebelum bertanya, okay?

4. Mengecek Akomodasi Kamu

Langkah selanjutnya adalah mengecek akomodasi kamu sebagai calon mahasiswa. Merujuk dari KBBI, akomodasi berarti sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Dalam hal ini, kamu disarankan agar mengecek akomodasi terlebih dahulu sebelum gegabah memilih universitas. Bukan bermaksud untuk menjadi pribadi yang tak percaya kerja keras, langkah ini justru diharapkan dapat mempermudah kamu sebagai salah satu cara memantaskan diri menuju universitas impian. Mengecek akomodasi masing-masing sama saja dengan mempersiapkan dari segi internal.

Misal kamu sudah yakin ingin berkuliah di kampus A, tetapi ternyata kampusnya berada di kota yang berbeda denganmu. Karena itu, kamu disarankan untuk mengecek akomodasi yang kamu miliki seperti tempat tinggal dan kendaraan. Setelah itu, kamu bisa memilih sendiri apa yang harus kamu lakukan dengan kondisi yang kamu miliki. Semangat, Edukawan!

5. Mempertimbangkan Biaya Kuliah dan Biaya hidup

Bisa dibilang, langkah kelima ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Mempertimbangkan biaya kuliah juga biaya hidup bukanlah suatu hal yang dilarang. Sebaliknya, kamu berhak mempertimbangkan kedua faktor ini dan menyesuaikannya dengan kemampuan pribadi. Banyak-banyak cari tahu tentang kehidupan dan informasi internal calon kampus itu halal, lho. Hehehe…

Jangan patah semangat, teman-teman Burhan.

Universitas dan Kamu

Di luar dari kelima langkah akurat dalam memilih universitas di atas, Burhan sangat senang kalian sudah sadar akan pentingnya pendidikan. Burhan dukung setiap kuputusan dan pilihan teman-teman apa pun itu. Yang perlu diingat juga, jika nanti kalian masuk ke universitas tanpa nama yang besar, kalian bisa dan boleh sekali membesarkan nama kampus dengan usaha kalian. Baik universitas dan kamu sebaiknya sama-sama saling memberikan yang terbaik. So sweet, bukan?

Baiklah, sekian artikel singkat dari Burhan. Selamat beraktivitas kembali, Edukawan!

Lihat Artikel Lainnya!
[Total: 5 Average: 5]

Tinggalkan komentar

Eits, tunggu dulu.

✅Mau RANGKUMAN BELAJAR KEREN?

KLIK GAMBARNYA????